Regulator Obat Uni Eropa Rekomendasikan Pil Paxlovid Covid-19 untuk Orang Dewasa yang Berisiko Tinggi

Nusantaratv.com - 28 Januari 2022

Pil Paxlovid dari Pfizer. (Istimewa)
Pil Paxlovid dari Pfizer. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Regulator obat Uni Eropa (UE), pada Kamis (27/1/2022) merekomendasikan penggunaan pil Paxlovid dari Pfizer untuk membantu mengobati Covid-19 pada orang dewasa yang tidak memerlukan oksigen tambahan dan berisiko tinggi terkena penyakit parah.

"Komisi Eropa sekarang akan mempercepat proses pengambilan keputusan untuk memberikan keputusan tentang otorisasi pemasaran bersyarat untuk Paxlovid, yang memungkinkan obat ini dipasarkan di seluruh UE," kata European Medicines Agency (EMA), seperti dikutip dari UPI, Jumat (28/1/2022). 

Pada Desember 2021, agensi memutuskan jika perawatan tersebut dapat digunakan oleh orang dewasa sebelum persetujuan resmi. EMA juga meninjau molnupiravir, pil anti-virus yang diproduksi oleh Merck.

Pfizer, pada November mengatakan, pil Paxlovid yang bekerja dengan mengikat enzim untuk mencegah virus bereplikasi, mengurangi penyakit parah dan kematian yang disebabkan oleh Covid-19 sebesar 89 persen jika dikombinasikan dengan ritonavir dosis rendah dan diminum dalam waktu lima hari sejak timbulnya gejala.

Amerika Serikat (AS) telah berkomitmen untuk membeli 10 juta program Paxlovid pada Desember, sehingga memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk pil tersebut.

Kanada juga telah menyetujui pil itu untuk digunakan oleh orang dewasa dengan gejala Covid-19 ringan hingga sedang yang berisiko terkena penyakit serius yang dapat mengakibatkan rawat inap, atau bahkan kematian.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])