Ratusan Rumah di Kawasan Kota Lama Tanjungpinang Terendam Banjir Rob

Nusantaratv.com - 25 Januari 2023

Air laut menggenangi Akau Potong Lembu, salah satu kawasan kuliner terbuka di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.ANTARA/Nikolas Panama
Air laut menggenangi Akau Potong Lembu, salah satu kawasan kuliner terbuka di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.ANTARA/Nikolas Panama

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Ratusan rumah di Kawasan Kota Lama Tanjungpinang, Kepulauan Riau, yang berdekatan dengan laut terendam banjir rob saat air permukaan laut naik tinggi.

Seuti, salah seorang warga, di kawasan Kota Lama, Rabu, mengatakan, air laut mulai memasuki rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB sampai tadi sore.

"Kondisi seperti ini sudah lama sekali tidak terjadi," ujarnya.

Kota Lama merupakan kawasan pesisir di Pelantar 1, Pelantar II, Pelantar III, Jalan Pasar Ikan, Jalan Gambir, Jalan Pos, Jalan Tambak, dan Pelantar Datuk. Kawasan ini merupakan salah satu pusat perekonomian masyarakat, selain dijadikan sebagai tempat tinggal.

Leni, salah seorang warga mengatakan air laut masuk ke rumah pelantar miliknya. Air itu masuk dari sela-sela lantai rumah.

"Air naik sampai ke tangga menuju tangga menuju lantai dua," katanya.

Selain di Kota Lama, air laut juga menggenangi Akau Potong Lembu, salah satu pusat kuliner. Di kawasan itu, terdapat ratusan ruko dan rumah.

Air setinggi lutut orang dewasa menggenangi Akau Potong Lembu, dan masuk dalam puluhan rumah.

"Sekarang air laut sudah mulai surut," kata Tiauti, warga sekitar Akau Potong Lembu.

Banjir rob juga terjadi di kawasan pesisir lainnya di Tanjungpinang, seperti Suka Berenang, Jalan Pramuka, dan kawasan pesisir dekat Perairan Pulau Dompak.

Air setinggi lutur orang dewasa menggenangi jalan di kawasan Suka Berenang.

"Kami dari tadi siang membuang air laut yang masuk ke dalam rumah," tutur Budi, warga Suka Berenang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kepri Muhammad Hasbi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai banjir rob, yang potensial terjadi saat air permukaan laut pasang.

"Sore ini mulai surut, tetapi kemungkinan besok subuh kembali naik," ucapnya.

Ia minta masyarakat memindahkan barang-barang berharga ke tempat yang aman. "Matikan arus listrik jika diperlukan," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])