Ramah Anak, Ini Beberapa Kelebihan TV Digital

Nusantaratv.com - 08 September 2021

Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia.
Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sejumlah keunggulan dimiliki siaran televisi (TV) digital. Salah satunya siaran yang ramah anak.

"TV digital itu ramah anak, karena ada parental lock," ujar Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Geryantika Kurnia, dalam webinar "Siaran TV Digital dari Selatan dan Utara Jawa", Rabu (8/9/2021). 

Melalui parental lock, para orangtua bisa mengetahui seluruh jadwal program siaran TV digital. Sehingga, mereka bisa menyesuaikan tontonan bagi anak-anak. 

"Parental lock itu orangtua itu bisa melihat jadwal 'oh jadwal ini tidak sesuai untuk anak'. Jadi parental lock anak-anak hanya bisa menonton sesuai dengan umurnya," kata dia. 

Siaran TV digital juga disebut Gery memiliki kualitas gambar yang baik. Gambarnya bersih dan jernih, serta berteknologi canggih. TV digital juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mendengarkan audio yang berkualitas dari setiap siarannya. 

"Ada sistem peringatan kebencanaan juga," ucapnya. 

Kemudian terdapat fitur tambahan, seperti electronic program guide (EPG). 

"Jadi dari stasiun-stasiun TV yang sekarang sudah menyiarkan TV digital, mereka menyiapkan jadwal-jadwal siaran dari pagi sampai seharian, itu namanya EPG," jelasnya. 

Diketahui, migrasi siaran TV analog ke digital tengah berlangsung. Analog switch off (ASO) ini ditargetkan selesai paling lambat pada 2 November 2022. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])