Puan Minta Pemerintah Pastikan Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2024

Nusantaratv.com - 04 April 2024

Ketua DPR RI Puan Maharani saat pidato penutupan masa sidang dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-15 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (4/4/2024). Foto : Oji/Andri
Ketua DPR RI Puan Maharani saat pidato penutupan masa sidang dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-15 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (4/4/2024). Foto : Oji/Andri

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memastikan kelancaran jalannya arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Hal ini disampaikannya, mengingat dalam mudik lebaran 2024 ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi akan ada sebanyak 193 juta orang akan melakukan mudik tahun ini dan 28,4 juta diantaranya berasal dari Jabodetabek.

”Yang akan mudik, hati-hati dalam menjalankan pulang mudiknya. Saya minta kepada pemerintah untuk bisa menjaga arus mudik, pergi dan balik,” kata Puan pada Parlementaria usai memimpin Rapat Paripurna DPR RI Ke-15 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

"Saya minta kepada pemerintah untuk bisa menjaga arus mudik, pergi dan balik,”

Dengan ramai dan padatnya arus mudik lebaran 2024 nanti, Puan pun menghimbau agar seluruh stakeholder yang bertugas dapat menjalankan tugasnya secara maksimal. Terlebih puncak arus mudik akan dimulai dari esok hari (5/4) hingga H-2 lebaran diprediksi sebanyak 72,9 juta orang akan melaksanakan mudik pada tanggal tersebut.

”Karena ini kabarnya akan ada jutaan orang yang akan menjalankan mudik mulai besok sampai kemudian minggu depan. Jadi antisipasi hal-hal yang memang harus dilakukan oleh semua stakeholder yang akan menjalankan tugasnya,” imbau Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kementerian Perhubungan arus balik secara nasional berpuncak pada Minggu, (14/4) mencapai 40,99 juta orang. Pemerintah juga sudah mengeluarkan himbauan untuk warga yang akan mudik, agar dapat menjalankan mudiknya lebih awal guna mengantisipasi kepadatan saat arus mudik. Selain itu, mudik lebih awal bertujuan agar masyarakat terhindar dari kemacetan di jalan. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])