Puan Maharani: PON XX Papua Bukti RI Bisa Menang Lawan Pandemi Covid-19

Nusantaratv.com - 03 Oktober 2021

Ketua DPR RI Puan Maharani/ist
Ketua DPR RI Puan Maharani/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jayapura, Nusantaratv.com-Ketua DPR RI Puan Maharani memuji acara pembukaan PON XX Papua yang berlangsung meriah. Terlebih acara pembukaan pesta olahraga antara provinsi se-Indonesia itu menampilkan seni dan budaya yang indah namun tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. 

Menurut Puan, perhelatan PON XX Papua adalah bukti bahwa Indonesia bisa 'menang' melawan pandemi covid-19.

"Satu kata untuk pembukaan PON XX, 'hebat! sangat Papua, sangat Indonesia'. Torang bisa buat acara besar nasional yang rapih dan bagus, meskipun di tengah pandemi," kata Puan mengutip detik, Minggu (3/10/2021).

Pujian tersebut dilontarkan Puan dalam pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, kemarin. Puan hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka PON XX Papua secara resmi.

Puan menyebut PON XX Papua sebagai sebuah momentum bagi bangsa Indonesia. Ketua DPP PDIP itu menjelaskan PON XX Papua merupakan perhelatan skala nasional pertama sejak Indonesia memasuki pandemi covid-19.

"PON XX di Papua menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menang melawan Pandemi covid-19, asalkan kita disiplin, bertekad keras, dan bergotong royong," tandasnya.

Puan mengatakan penyelenggaraan PON XX Papua merupakan hasil kerja sama apik dari berbagai pihak. Masyarakat Papua juga berperan besar atas suksesnya PON XX.

"PON XX di Papua adalah perayaannya bangsa Indonesia yang melibatkan gotong royong begitu banyak Kementerian/Lembaga dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, atlet, pelatih, tenaga medis, dan berbagai elemen bangsa," ungkap Puan.

Baca juga: Didampingi Puan Maharani, Jokowi Hadiri Pembukaan PON XX Papua

Puan meyakini PON XX Papua akan memperkokoh semangat kebersamaan. Ia juga memberikan dukungan bagi seluruh atlet agar bisa bertanding dengan baik untuk mengharumkan nama daerahnya masing-masing.

"PON mempersatukan Indonesia karena antar-daerah berkompetisi dengan semangat menjaga NKRI," ujarnya.

"Dengan semangat sportivitas, maka persaingan olahraga justru dapat menguatkan rasa kekeluargaan dan persatuan," tambah cucu Proklamator Bung Karno itu.

Sebelumnya, saat membuka secara resmi PON XX Papua, Presiden Jokowi mengaku bangga membuka PON XX, yang merupakan gelaran PON pertama di Papua.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, PON XX Papua secara resmi dibuka," ujar Jokowi.

"Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," tambahnya.

Jokowi mengajak agar PON ini diisi dengan segala sukacita dan menjunjung sportivitas. Ia meminta kepada seluruh kontingen untuk menjadikan PON XX Papua sebagai ruang menjalin kebersamaan.

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])