PT TAM Gelar Recall, Pemilik Mobil Ini Diimbau Segera Lakukan Pemeriksaan di Bengkel Resmi

Nusantaratv.com - 13 Februari 2024

Toyota Avanza menjadi salah satu kendaraan yang terdampak recall. (Istimewa)
Toyota Avanza menjadi salah satu kendaraan yang terdampak recall. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan penarikan kembali (recall) terhadap sejumlah model kendaraan yang beredar di Tanah Air.

Penarikan itu dilakukan guna memperbaiki komponen yang rusak pada kendaraan terdampak seperti Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Penarikan terhadap Toyota Sienta model produksi Juni 2016 hingga April 2020 yakni akibat adanya masalah pada Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A).

Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan karena performa sealer yang kurang maksimal sehingga berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric jika tidak segera ditingkatkan kekuatan sealer-nya.

Sementara untuk Toyota Avanza dan Veloz yang terkena dampak merupakan model produksi November 2022. Penarikan itu akibat adanya masalah pada Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya. 

Perangkat safety tersebut berisiko tidak berfungsi sempurna sehingga tidak mampu memberikan perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping jika tidak segera diperbaiki strukturnya.

Di sisi lain, Toyota menilai adanya masalah pada Front Shock Absorber Nut yang ditemui pada Toyota Veloz model produksi Oktober 2021 hingga Agustus 2023, dan Toyota Avanza model produksi November 2021 hingga September 2023.

Kemudian pada Toyota Vios model produksi Juni 2022 hingga Agustus 2023, dan Toyota Yaris Cross model produksi Mei hingga September 2023. Instruksi pengencangan yang tidak tepat dapat membuat mur menjadi kendur sehingga menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas yang mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika melaju di jalan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto memohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan pemilik kendaraan untuk segera melakukan perbaikan suku cadang ke bengkel resmi. Menurutnya, program recall ini merupakan wujud komitmen Toyota untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan. 

"Kami menghimbau kepada pelanggan agar segera mengecek apakah mobilnya masuk ke dalam daftar unit yang mendapatkan recall, agar segera dapat melakukan proses perbaikan pada komponen tersebut di bengkel resmi Toyota tanpa ada biaya apapun," ujar Henry dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (13/2/2024).

Sejalan dengan semangat continuous improvement, ungkap dia, kegiatan recall merupakan hal yang umum dan menunjukkan komitmen Toyota dalam menjamin kualitas produk yang dipasarkan serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan. 

Kegiatan ini juga merupakan bukti keterbukaan informasi Toyota atas kondisi aktual kendaraan dan selanjutnya menghadirkan solusi penyelesaian yang tuntas untuk memberikan peace of mind kepada pelanggan.

"Recall mungkin terdengar negatif bagi sebagian orang, namun Toyota melihatnya sebagai bentuk kaizen (continuous improvement) atas kondisi kendaraan dan tanggung jawab atas produk yang dimiliki customer. Meskipun sudah beberapa tahun di tangan pelanggan, ketika ditemukan adanya ketidaksesuaian dari produk yang telah dipasarkan ke masyarakat, terutama yang berkaitan pada safety, Toyota akan segera melakukan perbaikan yang dibutuhkan," tambahnya. 

Dia menyebutkan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari proses rutin quality monitoring yang dilakukan, dan menemukan adanya ketidaksesuaian yang harus segera ditangani. "Kegiatan recall ini juga memberikan masukan berharga dalam menghadirkan ever-better cars di masa depan," tegas Henry.

Perbaikan Front Garnish Pillar Clip Toyota Sienta

Toyota Sienta dilengkapi Front Garnish Pillar yang dipasang ke pilar depan atau pilar A menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin yang dimanfaatkan untuk menutup lubang klip. 

Karena daya tahan sealer atau penyegel yang kurang maksimal dalam menahan air, seiring waktu Front Garnish Pillar akan mengalami kebocoran sehingga air dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.

Jika sampai terjadi kondisi ini, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting, sehingga menyebabkan pengoperasian sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan lain-lain menjadi tidak tepat.

Selain itu, pintu geser elektrik pada Toyota Sienta dapat terbuka secara tiba-tiba saat berkendara di kecepatan berapapun, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan dan menciderai penumpang.

Bengkel resmi Toyota akan melakukan pemeriksaan dan penggantian Front Garnish Pillar Clip pada pilar A untuk mengembalikan daya tahannya dalam menahan rembesan air. 

Langkah ini semakin penting karena sekarang sudah memasuki musim hujan. Teknisi dengan sertifikat Toyota global juga akan melakukan pengecekan apakah kebocoran sudah terjadi dengan menelusurinya hingga ke kotak sambungan listrik, dan melakukan Reprogramming pada ECU PSD (Power Sliding Door) jika kendaraannya dilengkapi fitur tersebut. Durasi pengerjaan sekitar 2 hingga 3 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.

Perbaikan Front Door Side Impact Beam Toyota Avanza dan Veloz

Toyota Avanza dan Toyota Veloz dilengkapi fitur Side Door Beam di seluruh pintu samping untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko cidera saat ditabrak mobil lain atau mengenai obyek seperti pohon dari samping. 

Toyota menemukan proses pengelasan Side Door Beam sisi depan sebelah kanan atau posisi sopir ternyata kurang tepat atau kurang sempurna. Kondisi ini kemungkinan akan membuat kekuatan pengelasan menjadi tidak mencukupi ketika dibutuhkan di situasi darurat. 

Jika Toyota Avanza dan Toyota Veloz dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, bagian las dari Front Door Side Impact Beam dapat lepas saat terjadi benturan dari samping. 

Dalam kasus terburuk, ada potensi Front Door Side Impact Beam tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan cidera serius pada pengemudi. Bengkel resmi Toyota akan melakukan penambahan bracket penguat dan titik las pada Side Door Impact Beam pintu depan kanan.

Meskipun terdapat penambahan parts dan titik las, pelanggan tidak perlu khawatir karena proses pengerjaan dilakukan oleh teknisi bengkel resmi Toyota yang sudah tersertifikasi Toyota global sehingga dapat melakukan tugasnya dengan baik dan berkualitas. 

Mengingat pekerjaan yang dilakukan cukup banyak, maka durasi pengerjaan sekitar 3 hingga 4 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.

Perbaikan Front Shock Absorber Nut Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross

Setiap mobil memiliki komponen suspensi seperti shock absorber untuk meredam guncangan saat mobil melaju di jalan. Toyota menemukan instruksi pengencangan Front Suspension Nut atau mur suspensi depan bagian atas pada Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross, ternyata kurang tepat atau kurang sempurna di mana torsi pengencangan mur mungkin tidak mencukupi untuk menjaga kekuatannya.

Akibatnya jika kendaraan dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, mur dapat menjadi kendur sehingga menimbulkan kebisingan yang tidak normal dan mengganggu penumpang. 

Dalam situasi terburuk, mur dapat terlepas sehingga mengakibatkan hilangnya kestabilan kendaraan. Tentu akan berbahaya karena shock absorber depan bisa terlepas dari dudukannya dan mengakibatkan kecelakaan saat mobil melaju kencang.

Bengkel resmi Toyota akan melakukan penambahan torsi kekencangan pada mur pengunci shock absorber depan dan atau mengganti beberapa komponen terkait jika diperlukan.

Durasi pengerjaan sekitar 0,5 jam atau 30 menit tergantung dengan pemeriksan, di luar menunggu antrian dan proses administrasi. Khusus untuk perbaikan Front Shock Absorber Nut, akan dilakukan secara bertahap.

Pelanggan disarankan agar melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi Toyota dapat mempersiapkan stall, teknisi, tools, dan parts pengganti. 
Selain tentunya memastikan pemilik kendaraan Toyota yang mendapatkan pemanggilan, tidak perlu menunggu antrian terlalu lama karena sudah mendapatkan jadwal sesuai keinginannya. Seluruh proses pemeriksaan hingga selesai tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami berharap pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar recall, dapat segera datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen supaya tidak ada kendala safety di kemudian hari," sebut Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.  

"Dengan visi Total Mobility Solution, pelanggan dapat mengakses informasi recall melalui website resmi kami https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 08111500315 untuk pengecekan awal. Atau dapat pula menghubungi jaringan bengkel resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan selanjutnya melakukan booking service untuk perbaikan sehingga memberikan peace of mind," tukas Anton.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])