PSSI: Rafael-Zico Belum Pasti Dinaturalisasi Dan Perkuat Timnas U-20

Nusantaratv.com - 25 November 2022

Penyerang tim nasional U-20 Indonesia Rafael Struick (kanan) berebut bola dengan pemain Slovakia pada laga persahabatan di Spanyol, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA/HO-PSSI)
Penyerang tim nasional U-20 Indonesia Rafael Struick (kanan) berebut bola dengan pemain Slovakia pada laga persahabatan di Spanyol, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA/HO-PSSI)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, dua pemain asal Belanda yakni Rafael Struick dan Zico Soree belum pasti dinaturalisasi menjadi WNI dan dapat memperkuat tim nasional U-20 Indonesia.

"Kami masih menunggu surat dari Shin, apakah Rafael dan Zico itu oke atau tidak. Kalau oke, PSSI akan menindaklanjutinya," ujar Indra di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Dia melanjutkan, jika Shin menilai kedua pemain berusia 19 tahun tersebut cocok untuk timnas U-20, maka PSSI akan membantu proses pewarganegaraan mereka.

Hal itu sudah dilakukan PSSI terhadap Ivar Jenner dan Justin Hubner. Ivar dan Justin telah berkunjung ke Indonesia untuk menunaikan beberapa proses agar menjadi WNI.

"Kalau dua pemain itu (Ivar dan Justin-red) sudah diurus (naturalisasinya-red)," tutur Indra.

Zico Jamai Soree merupakan penyerang yang kini bermain untuk tim U-21 PEC Zwolle di Belanda. Sementara Rafael Struick adalah pemain sayap klub ADO Den Haag, tim yang berkompetisi di liga lapis kedua Belanda.

Mereka bergabung dalam pemusatan latihan (TC) timnas U-20 Indonesia mulai 19 November 2022 di Spanyol dan setelah itu dilibatkan dalam empat laga uji coba.

Laga-laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela TC, menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung mulai 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])