Proyek Air Minum Serpong-Jatiluhur 1 Ditargetkan Beroperasi 2024

Nusantaratv.com - 04 Oktober 2021

Waduk Jatiluhur. (Bisnis)
Waduk Jatiluhur. (Bisnis)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dua proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional, yaitu Jatiluhur 1 dan Karian Serpong  beroperasi pada tahun 2024 mendatang. Ini agar menyetop penggunaan air tanah oleh masyarakat DKI Jakarta serta sekitarnya.

"Kami harapkan dua SPAM bakal mulai beroperasi pada 2024. Mudah-mudah bisa terlaksana," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Senin (4/10/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan pembangunan SPAM melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Jadi, kita harus menghentikan penggunaan air tanah di DKI Jakarta dan sekitarnya. Tentunya, untuk menjaga agar penurunan tanah di Jakarta tidak terjadi kembali. Salah satu upayanya, kita menyediakan air minum perpipaan," terang dia.

Menurut Diana, bentuk air minum perpipaan melalui pembangunan SPAM regional untuk memenuhi kebutuhan warga DKI Jakarta dan wilayah sekitar, seperti Bekasi dan Karawang.

Adapun, sumber airnya akan diambil dari Bendungan Jatiluhur untuk SPAM regional Jatiluhur 1 dan Bendungan Karian untuk SPAM Karian Serpong.

"Hal ini dikarenakan wilayah DKI Jakarta tidak memiliki sumber air baku," imbuh dia, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap proyek KPBU SPAM Karian Serpong akan mencegah penurunan permukaan tanah di wilayah Jakarta.

Apabila kebutuhan air dari wilayah barat Jakarta sudah terpenuhi, maka pemerintah bisa melarang penggunaan air tanah di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])