Promosikan Indonesia ke Warga AS dan Global, Dubes Rosan Gunakan Soft Diplomacy

Nusantaratv.com - 19 Maret 2023

Promosikan Indonesia ke warga AS dan Global, Dubes Rosan gunakan Soft Diplomacy/Instagram
Promosikan Indonesia ke warga AS dan Global, Dubes Rosan gunakan Soft Diplomacy/Instagram

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Guna mempromosikan Indonesia ke masyarakat Amerika Serikat dan global, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani  ternyata memiliki cara tersendiri. Dubes Rosan melakukan pendekatan budaya atau dengan soft diplomacy.

"Saya selalu yakin diplomasi budaya atau soft diplomacy adalah pendekatan yang efektif dan efisien dalam mempromosikan Indonesia secara berkelanjutan." ujar Dubes Rosan dikutip dari Instagramnya.

Pendekatan budaya itu sendiri digelar dihadapan ratusan tamu bertema "Evening at the Embassy".

"Hal itu saya saksikan sendiri saat berinteraksi dengan 120 tamu yang hadir dalam acara "Evening at the Embassy" yang diselenggarakan atas kerja sama dengan @ThingsToDoDC, Selasa lalu." lanjut Dubes Rosan. 

"Saya pun menantang para #Washingtonians dengan pernyataan retoris, "Tidakkah Anda berharap ada pintu ajaib yang bisa membawa Anda ke bagian mana pun di Indonesia?”

Untuk melakukan soft diplomacy itu, Dubes Rosan mengedepankan kebudayaan serta kuliner Jawa. 

"Para warga Washington dan sekitarnya yang hadir sangat antusias karena kami juga menampilkan budaya Jawa Barat dan tentu saja beserta kulinernya." imbuh mantan Ketum Kadin itu.  

Selain itu, mereka juga dihibur dengan penampilan langsung para penari jaipong dari sanggar Jugala dan permainan angklung dari manshur angklung dan angklung udjo.

"Para tamu juga sangat antusias karena dalam acara itu juga ada sesi workshop singkat cara memainkan angklung. Bagi sebagian besar, ini adalah pertama kalinya mereka memegang angklung Saya mengucapkan terimakasih kepada tamu yang telah datang. Saya juga mengajak mereka untuk menceritakan kisah dan pengalamannya kepada saudara dan teman-temannya. Tidak lupa saya mengundang para undangan untuk datang langsung ke Indonesia menikmati budaya, destinasi wisata, kuliner serta keragaman budaya lainnya." tutup Dubes Rosan.**

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])