Program Asmat Pintar Bantu Biayai 1.235 Mahasiswa

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Bupati Asmat Elisa Kambu. (ANTARA/Evarukdijati)
Bupati Asmat Elisa Kambu. (ANTARA/Evarukdijati)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com  - Pemda Asmat memberikan beasiswa kepada 1.235 mahasiswa yang tergabung dalam program "Asmat  Pintar", dan saat ini sedang mengikuti perkuliahan di 40 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Ketika dihubungi dari Jayapura, Bupati Kambu, Jumat menjelaskan, mahasiswa yang dibantu melalui program Asmat pintar adalah warga Asmat yang sudah duduk di semester III.

"Siapa saja bisa mendapat beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa asal Asmat yang duduk di semester III hingga semester VIII, " jelas Kambu.

Ia mengatakan ke 1.235 mahasiswa itu sebelumnya merupakan mahasiswa mandiri namun saat semester III harus mengurus berbagai persyaratan terkait perkuliahannya dan pemda akan membantu dan memberikan bantuan hingga semester VIII.


Bantuan yang diberikan memang tidak besar namun diharapkan dapat membantu para mahasiswa yakni sebesar Rp5 juta yang diberikan dua kali yakni bulan Januari dan Agustus.

Setiap tahun Pemda Asmat mengalokasikan dana sekitar Rp6 miliar untuk beasiswa, kata Kambu.

Bupati Asmat yang dihubungi dari Jayapura menambahkan selain beasiswa kepada mahasiswa mandiri, pemda juga memberikan beasiswa penuh kepada 259 mahasiswa yang saat ini sedang kuliah di Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Padjadjaran Bandung dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Beasiswa untuk 259 mahasiswa yang kuliah di bidang pendidikan dan kesehatan itu diberikan secara penuh dan setelah selesai langsung ditempatkan di sekolah atau puskesmas di Kabupaten Asmat, jelas Bupati Elisa Kambu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])