Profil Luca Marini Adik Valentino Rossi yang Sukses Torehkan Rekor Tercepat di Sirkuit Mandalika

Nusantaratv.com - 13 Februari 2022

Luca Marini/ist
Luca Marini/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Nama Luca Marini selama ini kurang terdengar di pentas MotoGP. Boleh jadi tak banyak yang tahu kalau pembalap berusia 24 tahun kelahiran Urbino, Italia pada 10 Agustus 1997 ini adalah adik dari pembalap legendaris Valentino Rossi.

Luca Marini juga luput dari pemberitaan di tengah hingar-bingar publikasi MotoGP Mandalika 2022.  

Namun pembalap yang bernaung di Mooney VR46 Racing Team sukses mencuri perhatian dan menjadi perbincangan para pecinta olahraga otomotif dunia dan Tanah Air. 

Sorotan positif itu didapat Luca Marini setelah ia tampil tercepat pada tes hari kedua Sabtu (12/2/2022) dengan waktu lap terbaik 1 menit 31,289 detik.

Pembalap berzodiak Leo itu mampu mengungguli Marquez dengan selisih 0.192 detik dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) dengan waktu 0.227 detik. 

Hasil itu juga membuat Luca Marini mencatatkan rekor baru di Sirkuit Mandalika dengan menorehkan fastest lap di lintasan sepanjang 4,3 kilometer tersebut. 

Catatan waktunya mampu melampaui Toprak Razgatlioglu di ajang WorldSBK (1 menit 32.877 detik) dan Pol Espargaro di tes MotoGP Mandalika (1 menit 32.466 detik).

"Saat tes Malaysia itu ujian berat, tapi di sini (Mandalika) semuanya berjalan sesuai rencana," kata Luca Marini dengan wajah sumringah usai menyelesaikan tes hari kedua MotoGP Mandlika.

Luca Marini merupakan adik 'sambung' The Doctor yang lahir setelah ibu Valentino Rossi, Stefania Palma menikah lagi dengan pria bernama Massimo Marini. Sedangkan ayah Valentino Rossi bernama Graziano Rossi.  

Luca Marini menyukai nomor 97 karena tahun kelahirannya (1997).

Kejuaraan Moto3 pada Grand Prix San Marino pada 2016 menjadi debut Luca Marini. Sayangnya ia gagal menyelesaikan lomba.

Luca Marini akhirnya berhasil mewujudkan mimpi dan ambisinya tampil di balapan motor paling bergengsi di dunia. Berkat prestasinya yang terus meningkat Luca Marini berhak tampil di MotoGP Qatar pada 29 Maret 2019 yang merupakan seri pertama dari Kejuaraan Dunia. Pada balapan yang digelar di Sirkuit Losail tersebut, Luca Marini menjadi satu dari tiga pebalap berstatus pendatang baru atau rookie.

Meski gagal meraih posisi teratas, namun MotoGP Qatar 2019 memiliki kesan tersendiri bagi Luca Marini. Karena selain menjadi arena perdana, MotoGP Qatar 2019 juga membuatnya bisa merasakan pengalaman berlomba bersama sang kakak Valentino Rossi. (dari berbagai sumber) 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])