Pria Bisa Keputihan? Apa Penyebab Keputihan yang Tidak Biasa Ini

Nusantaratv.com - 22/06/2022 16:30

Ilustrasi masalah pria / lifealth
Ilustrasi masalah pria / lifealth

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Keputihan pada wanita merupakan istilah yang sangat familiar bagi kita semua, namun pernahkah Anda mendengar tentang keputihan pada pria? Ya, bahkan pria pun mengalami keputihan dari alat kelaminnya. Keputihan penis bisa menjadi tantangan tetapi meremehkan kondisi ini juga bisa berakibat fatal. Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dekat apa yang menyebabkan keputihan pada pria dan bagaimana cara menguranginya secara efektif.

Apa Itu Keputihan Penis?

Keluarnya cairan berwarna putih dari alat kelamin pria biasanya ditandai dengan kondisi dimana penis mengeluarkan cairan encer (bening) dan keruh (buram atau nanah) atau berdarah. Keputihan yang tidak biasa dari penis sering disertai dengan rasa sakit kronis dan sensasi terbakar yang menyerang terutama saat buang air kecil. Gatal juga bisa menyertai keluarnya cairan dari penis. Keluarnya cairan putih dari penis juga merupakan gejala umum dari infeksi menular seksual (IMS). Oleh karena itu, diperlukan diagnosis dan pengobatan yang cepat dan akurat.

Apa Penyebab Keluarnya Cairan Penis yang Tidak Biasa?

Keputihan dari penis bisa mengkhawatirkan dalam beberapa kasus. Ini tergantung pada alasan dan berikut beberapa penyebab keluarnya penis pada pria:

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah kondisi kesehatan yang sangat jarang terjadi pada pria (di bawah 50 tahun). Risiko menderita ISK meningkat seiring bertambahnya usia. Keputihan (berbusa) merupakan salah satu gejala ISK pada pria.

Balanitis

Balanitis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan yang tidak biasa pada ujung alat kelamin pria. Infeksi ragi adalah penyebab paling umum dari balanitis. Salah satu gejala yang berhubungan dengan balanitis adalah keputihan.

prostatitis

Penyebab lain keluarnya cairan penis yang tidak biasa adalah prostatitis. Prostat adalah kelenjar yang ada di dekat uretra. Prostatitis terjadi ketika prostat menjadi meradang dan teriritasi, yang terkadang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini bisa akut atau kronis. Salah satu gejala dari kondisi ini adalah keluarnya cairan putih dari penis. Beberapa gejala lain mungkin termasuk - kesulitan buang air kecil, nyeri di daerah prostat, dll.

Bagaimana Agar Tetap Aman Dari Keputihan Penis?

Keputihan penis bisa menjadi salah satu kondisi kesehatan terburuk bagi pria, jika tidak ditangani tepat waktu. Beberapa tips agar tetap aman dari keputihan adalah -

  • Gunakan pelindung saat melakukan kontak seksual dengan pasangan.
  • Jangan pernah mengabaikan tanda-tanda kondisi tersebut.
  • Jangan pernah mengabaikan rasa sakit di daerah uretra.
  • Makan makanan yang sehat.
  • Jaga kebersihan alat kelamin Anda.
  • Konsultasikan dengan dokter atau dokter segera setelah mengalami gejala

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in