Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Australia di AFC U-23 Asian Cup 2024

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong dipastikan tanpa dua pilar andalannya saat menghadapi Australia di laga kedua grup A Piala Asia U-23 2024. Ivar Jenner dan Ramadhan tak bisa tampil dalam laga ini karena mendapat kartu merah pada laga sebelumnya. 

Bentrok Indonesia vs Australia berlangsung di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (18/4/2024) pukul 20.00 WIB. Saat ini, Indonesia berada di dasar klasemen usai menelan kekalahan 0-2 dari Qatar. Sementara Australia menempati urutan keduua usai menahan imbang Yordania 0-0. 

Garuda Muda membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang menuju fase knock out. Namun ini bukan tugas mudah mengingat, Pelatih Shin Tae-yong kehilangan Ivar Jenner dan Sananta. Keduanya juga masih absen melawan Australia.

Menurut pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni, absennya dua pemain ini sangat merugikan Indonesia. Apalagi posisi Jenner selama ini tidak tergantikan. Justin Hubner yang digadang-gadang bisa menggantikan Jenner juga baru tiba beberapa jam sebelum pertandingan melawan Australia.

Bung Kus pun menyarankan STY memperkuat lini tengah Indonesia saat bersua Australia. Dia menambahkan, STY bisa menarik mundur Marselino Ferdinan lalu mendorong Rafael Struick dan Witan Sulaeman lebih ke depan. Sementara di sisi kiri, STY bisa menurunkan winger penghancur. 

Di posisi Jenner, STY sebenarnya tidak punya banyak pilihan. Sebab sebelumnya, Alfeandra Dewangga yang biasa bermain di posisi gelandang jangkar tidak ikut dalam rombongan. Dia terpaksa ditinggal di Tanah Air karena baru menjalani operasi kecil jelang TC di Doha, UEA.

Shin Tae-yong memang masih punya beberapa bek tengah, seperti Komang Teguh yang bisa diplot menggantikan Jenner. Hanya skenario ini sedikti menyulitkan bila STY tetap memakai formasi 3-4-3. Bagaimanapun juga, STY tetap harus memikirkan stok bek tengah yang akan tergerus. 

Lalu bagaimana dengan barisan penyerang Garuda Muda? 

Absennya Ramadhan Sananta sebenarnya tidak terlalu menyulitkan STY. Sebab tukang gedor Garuda Muda boleh dikatakan melimpah. Pelatih asal Korea Selatan itu masih punya Hokky Caraka yang sudah beberapa kali dipercaya menjadi ujung tombak Garuda Muda.

Simak informasi tentang prediksi susunan pemain Indonesia vs Australia di halaman selanjutnya... 

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])