PPKM di Pulau Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 20 September 2021

Nusantaratv.com - 13 September 2021

Luhut Pandjaitan/ist
Luhut Pandjaitan/ist

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Meski jumlah kasus positif covid-19 telah mengalami penurunan yang drastis. Namun pemerintah memutuskan tetap memperpanjang penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. PPKM Level 2, 3 dan 4 di Jawa-Bali diperpanjang hingga 20 September 2021 mendatang. 

Perpanjangan PPKM di Pulau Jawa-Bali diumumkan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, lewat konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021).

"Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM Level Jawa Bali ini akan terus diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasinya tiap satu minggu guna menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari," kata Luhut mengutip detik.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan setiap pekan, kata Luhut, ada daerah yang mengalami penurunan level PPKM, salah satunya Bali. 

Baca juga: Hari Terakhir PPKM, Tambah 2.577 Kasus Covid-19 di RI

Di sisi lain, sambung Luhut, masih banyak masyarakat yang abai terhadap penerapan protokol covid-19. Luhut mengingatkan masyarakat yang abai terhadap prokes bisa memicu gelombang baru peningkatan kasus Corona.

"Kalau dilepas tidak dikendalikan bisa ada gelombang berikutnya," ucap Luhut.

Penerapan PPKM di seluruh Indonesia terbukti efektif menekan lonjakan kasus positif covid-19. Dalam sepekan terakhir, terhitung sejak 7 hingga 13 September 2021 jumlah kasus positif covid-19 telah berada di bawah angka 8.000 kasus. Angka tersebut telah menurun jauh jika dibandingkan pada saat puncak lonjakan kasus covid-19 pada Juli lalu. Di mana jumlah kasus positif covid-19 sampai menembus angka 50.000 lebih.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])