Power Window Bermasalah, Tesla Recall 1,1 Juta Kendaraan di AS

Nusantaratv.com - 23/09/2022 14:29

Jutaan mobil listrik Tesla terkena dampak recall. (Drive)
Jutaan mobil listrik Tesla terkena dampak recall. (Drive)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla, melakukan penarikan kembali (recall) terhadap 1,1 juta mobil di Amerika Utara.

Penarikan tersebut dilakukan karena adanya kesalahan pada perangkat lunak (software) power window 'soft-close', yang dapat melukai penumpang, termasuk anak-anak, yang secara sengaja meletakkan tangan mereka di jalan menutup kaca.

Penarikan tersebut mempengaruhi 1.097.762 kendaraan Tesla yang dijual di AS, dengan Model 3 (2017-2022), Model Y+ (2020-2022), Model S dan Model X (2021-2022) yang tercatat dalam pemberitahuan penarikan.

"Sistem pembalikan jendela otomatis mungkin tidak bereaksi dengan benar setelah mendeteksi adanya halangan, yang menyebabkan peningkatan risiko cedera pada penumpang," demikian pemberitahuan dokumen yang diajukan Tesla ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA), dikutip dari Drive, Jumat (23/9/2022). 

Karyawan Tesla mengidentifikasi kesalahan pada Agustus 2022, dengan mengatakan kinerja sistem pembalikan jendela otomatis tidak bereaksi dengan sempurna setelah mendeteksi adanya gangguan.

Pengujian lebih lanjut menemukan kendaraan yang terkena dampak recall tidak sesuai dengan standar keselamatan AS untuk power window. Tesla mengklaim tidak mengetahui adanya cedera atau laporan garansi terkait dengan masalah tersebut.

Perusahaan berjanji akan memperbaiki masalah ini dengan melakukan pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) dari sistem pembalikan jendela otomatis tanpa dikenakan biaya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in