Portugal Lolos Uji Coba Pertama dengan Ghana 3-2

Nusantaratv.com - 25 November 2022

Ilustrasi Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana (ANTARA/Juns)
Ilustrasi Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana (ANTARA/Juns)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Portugal melewati rintangan pertama di Piala Dunia 2022 dengan kemenangan tipis 3-2 atas Ghana dalam pertandingan Grup H di Stadion 974, Doha, yang berakhir Jumat dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo menjadi orang pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia setelah membuka skor Portugal dari titik penalti pada menit ke-65.

Delapan menit kemudian Ghana menyamakan kedudukan melewati Andre Ayew pada menit ke-73.

Tak lama kemudian Joao Felix merestorasi keunggulan Portugal lewat golnya pada menit ke-78 yang dua menit kemudian menyusul gol Rafael Leao yang membuat keunggulan berubah menjadi 3-1.

Osman Bukari kemudian mencetak gol semenit sebelum waktu normal tetapi tim dengan peringkat terendah turnamen tidak bisa lagi memasukkan gol bahkan jika gencar menekan Portugal pada menit terakhir.

Ronaldo menyalip Pele dan pemain Jerman Uwe Seeler dan Miroslav Klose yang semuanya mencetak gol di empat Piala Dunia, setelah ia dijatuhkan oleh Mohammed Salisu saat meraup ke dalam kotak penalti Ghana. Ronaldo sendiri mengambil penalti ini.

Manchester United mengumumkan Ronaldo akan segera pergi setelah dia mengkritik klub dan manajer Erik ten Hag dalam sebuah wawancara TV, tetapi Ronaldo tidak terganggu oleh berita itu.

Semua perhatian tertuju pada Ronaldo, apakah dia bisa memecahkan rekor. Pada menit kesepuluh dia hampir mencetak gol ketika mendapat peluang sempurna.

Mohammed Holy nekat memberikan bola di lini tengah yang disambar Otavio untuk kemudian diteruskan ke Ronaldo, tetapi ia tidak mampu menaklukkan kiper Ghana Lawrence Ati-Zigi.

Tak lama kemudian Ronaldo mengayunkan umpan silang Raphael Guerreiro dari jarak dekat, namun sepakan melebar dari gawang Ghana.

Ronaldo kemudian mencetak gol setelah pelanggaran memasuki setengah jam tetapi ia dinilai oleh wasit Ismail Elfath telah mendorong Alexander Djiku sebelum mencetak gol hingga gol dinyatakan tidak sah.

Ronaldo menjadi satu-satunya ancaman gol nyata Portugal bagi tim terlemah Grup H.

Gelandang Mohammed Holy dari Ajax memiliki kesempatan untuk membuat para penonton terpana setelah turun untuk minum ketika ia menerobos pertahanan terbuka Portugal dan melepaskan tembakan keras yang hampir merobek gawang Diogo Costa yang dijaga Portugal.

Ghana kemudian menyamakan kedudukan ketika Andre Ayew menyambut umpan Suci untuk dikonversi menjadi gol pada menit ke-73.

Namun Felix dan Leao memastikan Portugal meraih poin penuh dengan dua penyelesaian indah dalam dua menit beruntun yang sama-sama dirancang Bruno Fernandes.

Bukari mengecilkan posisi untuk Ghana yang sekaligus membuat Portugal cemas, setelah mengayunkan bola dari umpan silang tepat di mulut gawang. Tetapi Portugal tidak dapat dihindari untuk meraih poin penuh dari pertarungan pertama Grup H ini, menurut AFP.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])