PM Spanyol Minta Eropa Perlakukan Covid-19 sebagai Penyakit Endemik

Nusantaratv.com - 11 Januari 2022

Ilustrasi. (US News)
Ilustrasi. (US News)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sánchez pada Senin (10/1/2022) mengatakan dia berencana meminta pejabat Eropa mempertimbangkan untuk memperlakukan Covid-19 lebih seperti penyakit endemik.

Penyakit endemik yakni penyakit ringan yang rutin terjadi seperti flu, dan meninggalkan sistem pelacakan lebih rinci yang diharuskan semasa pandemi.

Dalam wawancara dengan radio Cadena SER Spanyol, seperti dilaporkan VOA News, Senin (10/1/2022), Sanchez mengatakan kematian sebagai proporsi dari kasus yang tercatat telah turun secara dramatis sejak awal pandemi. 

Dia meyakini pandemi telah mencapai titik di mana evolusi penyakit bisa dievaluasi dengan parameter yang berbeda. Sanchez mengatakan itu akan menjadi proses yang bertahap dan hati-hati.

Namun, dia menyebutkan ini saatnya untuk membuka perdebatan pada tingkat teknis dan profesional kesehatan, tetapi juga pada tingkat Eropa.

Dia juga mengkonfirmasi laporan dari surat kabar terkemuka di negara itu, El País, yakni otoritas kesehatan Spanyol telah merancang sistem pemantauan baru di mana setiap infeksi baru tidak perlu dicatat, dan orang dengan gejala yang tidak perlu dites tetapi akan terus diperiksa dan diobati.

Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (AS) mengatakan virus, seperti yang menyebabkan Covid-19, bertransisi dari pandemi ke fase endemik ketika virus tidak punah tetapi prevalensi dan tingkat keparahannya turun dalam jangka waktu yang lama.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])