PLN Sebut ALMA Turunkan Biaya Operasional Kapal di Pelabuhan Sibolga

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

​​​​​​​General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid (kanan) saat meninjau fasilitas ALMA di Pelabuhan Sibolga, Sumut, Kamis (25/5/2023). ANTARA/HO-Humas PLN UID Sumut.
​​​​​​​General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid (kanan) saat meninjau fasilitas ALMA di Pelabuhan Sibolga, Sumut, Kamis (25/5/2023). ANTARA/HO-Humas PLN UID Sumut.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - PT PLN yang menyediakan fasilitas anjungan listrik mandiri (ALMA) di Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, dianggap sukses menurunkan biaya operasional kapal dan mewujudkan green port.

"Sebagai bentuk dukungan PLN dalam mendukung green port di Sumatera Utara, PLN berupaya menekan emisi dari mesin kapal yang sebelumnya menggunakan mesin diesel atau genset menggunakan bahan bakar minyak," kata General Manajer PLN Unit Induk Daerah (UID) Sumatera Utara Awaluddin Hafid, dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Kamis.

Awaluddin mengatakan sejak menyediakan layanan ALMA di kawasan pelabuhan tersebut, para pemilik kapal tidak lagi menggunakan genset, sehingga bisa menekan biaya operasional.

Infrastruktur ALMA yang tersedia itu, kata dia, dapat dipergunakan tidak hanya untuk kapal penumpang, namun juga bisa dipergunakan oleh kapal lainnya sesuai kebutuhan.

"ALMA telah didirikan di kawasan Pelabuhan Sibolga sejak tahun lalu dan terus produktif dimanfaatkan. ALMA merupakan salah satu program electrifying marine dalam mendukung net zero emission," ucapnya.

General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid mengunjungi Pelabuhan Sibolga didampingi oleh Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga Darwin Simanjuntak dan jajarannya.

General Manajer juga sempat berdiskusi langsung dengan manajer kapal penumpang yang sedang bersandar dan sedang menggunakan fasilitas ALMA di Pelabuhan Sibolga.

Sementara itu, Manajer Wira Jaya Logitama Lines (WJL), Herion Marbun mengatakan pihaknya memanfaatkan dengan baik infrastruktur ALMA yang telah dibangun oleh PLN, dan sangat terbantu karena dapat menghemat bahan bakar minyak.

"Saat kapal bersandar, kebutuhan kelistrikan di kapal sudah menggunakan ALMA, sehingga bisa menghemat biaya operasional untuk membeli bahan bakar minyak hingga 35 persen," kata Herion.

Manajer PLN UP3 Sibolga, Darwin Simanjuntak mengatakan untuk mendorong green port, PLN telah membangun tiga unit ALMA di wilayah kerja PLN UP3 Sibolga, yakni di Pelabuhan Anggar Sibolga, Pelabuhan Balige dan Pelabuhan Muara.

"Jumlah tersebut memungkinkan bertambah sesuai kebutuhan. Saat ini PLN juga sedang berkoordinasi dengan Pelabuhan Pelindo untuk pembangunan ALMA," kata Darwin.

Kepala UPT Pelabuhan ASP Pemerintah Kota Sibolga, Muhammad Thoib memberikan apresiasi atas dukungan PLN dalam mewujudkan green port di wilayah kerja PLN UP3 Sibolga. Langkah ini dinilai ampuh dalam mewujudkan program pemerintah yakni net zero carbon.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])