Pj Gubernur Babel Raih Upakarya Wanua Nugraha 2022

Nusantaratv.com - 25/11/2022 09:50

Wamendagri John Wempi Wetipo memberikan penghargaan kepada Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin di Jakarta, Kamis (24/11/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Babel)
Wamendagri John Wempi Wetipo memberikan penghargaan kepada Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin di Jakarta, Kamis (24/11/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Babel)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022 dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam keterangan yang diterima di Pangkalpinang, Jumat, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo berharap penghargaan tersebut dapat menyemangati Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam menyelenggarakan layanan publik khususnya dalam membina desa dan kelurahan.

"Kami berharap penghargaan ini menjadi pendorong, memajukan desa dan kelurahan melalui penguatan kelembagaannya," kata John Wempi Wetipo.

Penyerahan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022 tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang Penerima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2022 pada Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Selain Kepulauan Bangka Belitung, provinsi lain yang mendapatkan penghargaan itu antara lain Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara itu, untuk kategori bupati dan wali kota, penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2022 diberikan kepada Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Berau, Kabupaten Kepulauan Taniba, Kabupaten Bangka, Kota Surakarta, Kota Balikpanpan, dan Kota Mataram.

Lomba desa dan kelurahan tingkat regional dimenangkan oleh Desa Purwodadi di Kabupaten Jabung Barat, Jambi; Desa Kapung Bandar Agung di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung; Desa Kubang Tangah di Kota Sawa Lunto, Sumatera Barat; Desa Sekar Biru di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung; serta Desa Gampong Kase di Aceh.

Di tingkat kelurahan, penghargaan diraih Kelurahan Jelitik di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kelurahan Talang Jauh di Jambi; Kelurahan Kubu Gulai di Kabupaten Bukit Tinggi, Sumatera Barat; Kelurahan Tanjung Hilau Hilir di Kota Medan, Sumatera Utara; serta Kelurahan Tanjung Ujung di Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Saya sangat mengapresiasi, momentum ini saya nilai sangat penting dan dapat meningkatkan sinergisme daerah, desa, dan pusat; serta menjadi inovasi desa dan kelurahan dan mendorong desa dan kelurahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," kata John Wempi Wetipo.

Menurut dia pencapaian penghargaan itu merupakan hasil kerja sama yang baik dari aparat desa dan kelurahan sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap penghargaan ini menjadi sarana untuk menyebarluaskan berbagai inovasi Pemerintah dalam memajukan penyelenggaraan kemasyarakatan," ujar Wempi.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in