Petinju Sumut Raih Lima Emas di Pra Popnas 2022

Nusantaratv.com - 29/11/2022 17:25

Lima petinju pelajar Sumut peraih emas di Pra Popnas 2022 di Jakarta (ANTARA/Juraidi)
Lima petinju pelajar Sumut peraih emas di Pra Popnas 2022 di Jakarta (ANTARA/Juraidi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kontingen Sumatera Utara menambah lima medali emas dari cabang olahraga tinju Pra Pekan Olahraga Nasional (Popnas) zona I di Jakarta 2022.

Pada hari terakhir cabang olahraga tinju yang digelar pada partai final yang digelar di Hall B Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta, Senin, petinju Sumut meraih tiga medali emas.

Ketiga petinju tersebut adalah Rizki Sandi Wardana yang turun di kelas 54 kg putra menang KO pada ronde pertama melawan petinju asal Provinsi Kepulauan Riau Lionel Efrain Silalahi.

Kemudian Julian Isra Sihotang di kelas 71 kg putra menang angka dari Agung Prayoga petinju asal Riau dan selanjutnya Christian Simanjuntak di kelas 75 kg putra menang RSC dari Bilal Hakim petinju asal Aceh.

Sebelumnya Jumat (25/11), dua petinju putri Sumut lebih dulu meraih emas yakni Nona Baby Chantika di kelas 57 kg putri dan Zahra Khairunnisa di kelas 63,5 putri.

Dengan demikian total Sumut berhasil meraih lima medali emas dari 10 petinju p lajar yang diturunkan di Pra Popnas 2022 yang juga menjadi kualifikasi menuju Popnas 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Pelatih tinju Pra Popnas Sumut Niazy Almy mengaku bangga dengan penampilan anak-anak binaannya yang mampu membawa pulang lima emas dari 10 petinju yang turun di Pra Popnas kali ini.

Dari sisi mental, fisik dan cara bertarung di atas ring dinilai sudah sangat baik.Hanya saja jam terbang yang harus lebih diperbanyak, sehingga penampilan para petinju akan lebih baik lagi nantinya.

"Kita bersyukur dapat lima emas.Artinya juga ke lima petinju kita itu lolos menuju Popnas 2023.Mereka akan kita poles lagi agar target kita nanti di Popnas 2023 minimal dua emas dapat dicapai," katanya.

Sementara Ketua Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Sumut, Sabam Manalu yang turut menyaksikan laga final tersebut mengatakan pihaknya mengapresiasi keberhasilan tersebut karena selain mendapat lima emas, lima petinju tersebut mendapat tiket menuju Popnas 2023.

Sebenarnya, kata dia, pihaknya memasang target sembilan petinju lolos Popnas 2023. Meski ternyata hanya lima yang lolos ke Popnas, hal itu tetap harus diapresiasi. Kedepan tentunya masih banyak yang harus diperbaiki khususnya dalam sisi pembinaan

"Penampilan mereka di Pra Popnas ini sudah baik.Meski demikian tetap harus ada evaluasi karena di Popnas 2023 nanti tentunya lawan yang akan dihadapi akan lebih berat lagi.Kita berharap pemerintah dapat terus memberikan perhatian kepada mereka demi prestasi anak-anak nantinya di kemudian hari," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in