Pesona Toba Fashion Week Bikin Warga Kota Balige Tumpah-Ruah ke Jalan

Nusantaratv.com - 03/08/2022 20:40

Aksi para model di Toba Fashion Week Kota Balige/ist
Aksi para model di Toba Fashion Week Kota Balige/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Tak kalah dari Jakarta yang punya Citayam Fashion Week, Kota Balige di Kabupaten Toba, Sumatera Utara juga punya pagelaran busana di jalanan yang diberi tajuk Toba Fashion Week

Kegiatan yang juga menampilkan budaya Batak ini digelar di Bundaran Balige pada Minggu (31/7/2022) lalu. Gelaran kali ini merupakan bagian dari Road Show Face Of Toba yang dimulai sejak Mei 2022.

Toba Fashion Week di Balige yang diselenggarakan Hutanta Cerdas Cermat disambut antusias oleh warga Balige. Warga tampak sangat menikmati dan terhibur menyaksikan aksi para model yang beraksi di zebra cross. 

Puluhan model full makeup mengenakan outfit berbahan ulos menjajal zebra cross yang dipasang khusus pagelaran Toba Fashion Week ini. Selain busana yang menonjolkan budaya Batak, para model juga memperagakan busana kekinian.

Tak hanya model profesional Toba, puluhan model cilik dan remaja pun tak ketinggalan. Mereka turut melenggak lenggok bak model profesional di zebra cross Bundaran Balige. Aksi mereka disambut riuh tepuk tangan warga yang memadati Bundaran Balige.

Projeck Director Toba Fashion Week, Trisna Pardede mengatakan, Toba Fashion Week sudah mulai digelar sejak bulan Mei lalu. Pihaknya sudah menyelenggarakan kegiatan serupa di Kabupaten Humbang Hasundutan dan di beberapa titik di Kabupaten Toba, namun masih diselenggarakan secara tertutup.

"Di Humbahas kita sudah menggelar Toba Fashion Week di lima titik, termasuk di Sipinsur. Sedangkan di Toba sendiri kita sudah gelar di Taman Eden 100, Kaldera Sibisa bagian luar, di Balige tepatnya trotoar depan Pandaraman dan kali ini kita melaksanakannya di zebra cross Bundaran Balige," tutur Trisna, mengutip waspadaid.

Trisna menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Toba Fashion Week ini untuk mengenalkan budaya Batak lewat fashion yang merupakan hasil kerajinan tangan penggiat UMKM di Toba sekitarnya serta meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya Batak.

Mengingat event ini menggunakan fasilitas jalan umum, Trisna dan kawan-kawan telah mengurus izin ke kepolisian. 

Meski hanya road show dan bukan perlombaan, namun faktanya acara tersebut cukup digemari warga Balige. Terbukti dengan ramainya pengunjung yang ingin menyaksikan langsung pagelaran Toba Fashion Week ini. Hampir seluruh sisi jalan dipenuhi warga, tak hanya sekedar melihat, bahkan banyak anak-anak, remaja dan orangtua yang turut berpose di atas zebra cross yang telah disiapkan panitia.

Trisna menyampaikan, kegiatan Toba Fashion Week yang merupakan bagian dari rangkaian Road Show Face Of Toba masih akan berlanjut. Puncak Toba Fashion Week akan digelar bulan Agustus nanti, tepatnya pada tanggal 26-28, dengan mengusung dua konsep yakni indoor di TB Silalahi Center dan outdoor atau terbuka untuk umum digelar seperti pesta di Lumban Jabijabi.

"Toba Fashion Week itu niatannya untuk untuk menunjukkan bahwa produk ekonomi kreatif itu sudah sangat baik kalau dikemas dengan baik. Jadi tidak selalu harus mendatangkan artis dari luar untuk membuat acara itu lebih dekat ke masyarakat," pungkas Trisna.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in