Pesawat Listrik Ini Berhasil Melakukan Penerbangan Perdana

Nusantaratv.com - 01/10/2022 14:50

Pesawat Penumpang Listrik / indiatimes
Pesawat Penumpang Listrik / indiatimes

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Perjalanan udara dikenal sebagai salah satu sumber polusi terbesar. Sementara mobil listrik memang ada, pesawat listrik masih dalam tahap awal perkembangannya. Namun, sepertinya kita tidak perlu menunggu terlalu lama.

Sebuah prototipe pesawat penumpang sembilan kursi listrik berhasil lepas landas untuk pertama kalinya. Dinamakan Alice, pesawat itu melakukan penerbangan perdananya dari Bandara Internasional Grant County di negara bagian Washington . 

Pesawat ini adalah pesawat serba listrik paling canggih, dan berpotensi menjadi pesawat komersial listrik serba baru pertama jika Administrasi Penerbangan Federal memberinya bendera hijau,

Dikembangkan oleh Eviation yang berbasis di negara bagian Washington, ini menargetkan penerbangan komuter dan kargo dari kisaran 150 hingga 200 mil.

Penerbangan uji tidak terlalu lama, sekitar delapan menit dengan pesawat mencapai ketinggian 3.500 kaki. Tujuan utama penerbangan ini adalah untuk mengumpulkan data guna menyempurnakan desain pesawat yang masih jauh dari siap mengangkut penumpang di dalamnya. 

Pesawat akan ditawarkan dalam tiga konfigurasi, yaitu pesawat penumpang sembilan tempat duduk, pesawat penumpang mewah enam tempat duduk, dan pesawat e-cargo. Faktor bentuk yang lebih kecil terutama untuk mendapatkan jangkauan yang lebih baik.

Pesawat listrik tidak semudah untuk dikembangkan seperti mobil listrik atau skuter, karena berat baterainya sangat besar, yang mempengaruhi efisiensi penerbangan secara keseluruhan. Juga, mereka tidak dapat menahan daya yang cukup untuk menempuh jarak yang lebih jauh. Selain itu, baterai lithium-ion terkenal mudah terbakar jika gagal, dan tidak ada yang menginginkannya di pesawat.

CEO Eviation Greg Davis dalam percakapan dengan Seattle Times, mengatakan ada beberapa tahun lagi sebelum kita melihat masa depan pesawat listrik, setidaknya secara komersial, dengan kemajuan yang diharapkan di bidang teknologi baterai dalam lima tahun mendatang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in