Perubahan Iklim Membunuh Serangga, Rantai Makanan Terancam!

Nusantaratv.com - 30/06/2022 19:00

Ilustrasi perubahan iklim / NASA
Ilustrasi perubahan iklim / NASA

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, serangga yang mempertahankan rantai makanan dan penyerbukan tanaman yang membuat dunia tetap hidup, berada dalam bahaya besar.

Perubahan iklim kemungkinan akan berdampak pada wabah serangga hutan karena suhu dan faktor lingkungan lainnya mempengaruhi populasi serangga hutan.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature, mengklaim bahwa populasi serangga telah menurun sekitar 50 persen di pusat pertanian dan daerah yang mengalami suhu lebih tinggi yang disebabkan oleh perubahan iklim. 

Selama 20 tahun, dari tahun 1992 hingga 2012, para peneliti University College London memeriksa lebih dari 750.000 catatan tentang sekitar 20.000 spesies serangga yang berbeda, termasuk lebah, kumbang, belalang, dan kupu-kupu

Tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi bagaimana perubahan penggunaan lahan dan suhu mempengaruhi populasi serangga. Temuan ini, menurut para peneliti, menunjukkan kepekaan terhadap aktivitas manusia.

Ada penurunan 29% dalam keragaman spesies serangga, terutama di daerah tropis. Namun, di mana hanya ada sedikit atau tidak ada aktivitas monokultur dan habitat alami yang membentuk setidaknya 75 persen dari wilayah tersebut, para peneliti mengklaim bahwa terjadi pengurangan 7% dalam populasi  meskipun suhu telah meningkat.

 Charlie Outhwaite, penulis studi dan rekan peneliti di University College London, mengatakan temuannya mungkin hanya mencerminkan puncak gunung es mengingat ada bukti terbatas di beberapa lokasi, terutama di daerah tropis di mana mereka mengamati penurunan populasi serangga yang cukup signifikan, keanekaragaman hayati di daerah yang paling menderita.

Temuan tersebut, menurut Outhwaite, menggarisbawahi urgensi yang diperlukan untuk melindungi ekosistem alami, menahan penyebaran pertanian intensitas tinggi, dan mengurangi emisi untuk memerangi perubahan iklim.

Kelangsungan hidup planet ini tergantung pada serangga. Mereka memfasilitasi pengendalian spesies hama dan menguraikan materi mati untuk melepaskan nutrisi ke dalam tanah. Banyak tanaman pangan penting, seperti buah-buahan, rempah-rempah, dan  yang terpenting bagi pecinta cokelat  kakao, diserbuki sebagian besar oleh serangga terbang.

Oleh karena itu, sangat memprihatinkan bahwa semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa populasi serangga menurun drastis. Proses ekologi penting ini dapat terancam oleh hilangnya keanekaragaman hayati serangga, membahayakan kehidupan manusia dan ketahanan pangan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in