Penyaluran Dana Desa di NTT Hingga Triwulan III- 2022 Tercatat Mencapai 2,04 Triliun

Nusantaratv.com - 01 Oktober 2022

Penyaluran anggaran Dana Desa di  Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga triwulan III-2022 telah mencapai Rp2,04 triliun. Foto (Istimewa)
Penyaluran anggaran Dana Desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga triwulan III-2022 telah mencapai Rp2,04 triliun. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penyaluran anggaran Dana Desa di  Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga triwulan III-2022 telah mencapai Rp2,04 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT Kemenkeu Catur Ariyanto Widodo seperti dilansir dari Antara Jumat, (30/9/2022).

"Penyaluran anggaran Dana Desa terus bergerak mencapai Rp2,04 triliun dari total alokasi sebesar tahun anggaran 2022 sebesar Rp2,8 triliun," ujar Ariyanto. 

Ariyanto menjelaskan, anggaran Dana Desa yang tersalurkan terdiri dari Dana Desa reguler sebesar Rp1,23 triliun dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp814,2 miliar.

Lebih jauh, Ariyanto menjelaskan, sebelumnya sebanyak 46 desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan masih belum bisa merealisasikan penyaluran Dana Desa hingga Agustus 2022.

Namun saat ini, lanjut Dia, penyaluran dana desa tersebut sudah dapat dilakukan setelah adanya penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 128/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dikatakan Ariyanto, anggaran Dana Desa merupakan salah satu instrumen strategis dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendorong kemajuan pembangunan desa di Tanah Air termasuk di NTT.

Menurut Ariyanto, pihaknya terus mendorong agar penyaluran Dana Desa di NTT terus meningkat hingga tuntas sesuai dengan nilai yang dialokasikan agar semakin banyak dana yang beredar di desa untuk menggerakkan perekonomian desa.

"Apalagi di di dalamnya ada porsi BLT Dana Desa yang tentu sangat berguna untuk pemulihan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia berharap pemerintah kabupaten di NTT terus mengawal dan mendampingi desa-desa untuk memastikan penyaluran anggaran Dana Desa berjalan dengan lancar dan dimanfaatkan secara optimal untuk pembangunan desa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])