Penuhi Kriteria ASO, Siaran TV Analog di Jabodetabek Dimatikan 5 Oktober 2022

Nusantaratv.com - 23 September 2022

Konferensi Pers “Penyampaian Jadwal Penghentian Siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) di wilayah Jabodetabek”/Nusantaratv.com
Konferensi Pers “Penyampaian Jadwal Penghentian Siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) di wilayah Jabodetabek”/Nusantaratv.com

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Setelah memenuhi kriteria analog switch off (ASO), siaran televisi analog di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan disuntik mati pada 5 Oktober 2022. Jadwal migrasi TV analog ke digital untuk wilayah Jabodetabek ini disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Kementerian Kominfo mengumumkan bahwa wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, telah memenuhi kriteria ASO. Maka penghentian siaran televisi analog oleh seluruh lembaga penyiaran di Jabodetabek akan dilakukan secara serempak pada tanggal 5 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB," ujar Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital, Rosarita Niken Widiastuti dalam konferensi pers di gedung Kominfo, Jumat (23/9/2022).

Adapun wilayah di Jabodetabek yang sudah dapat menangkap siaran TV digital pada tanggal 5 Oktober 2022 pukul 00.00 WIB terdiri dari 14 kabupaten/kota.

"Daerah administratif yang terdampak pelaksanaan ASO di Jabodetabek terdiri dari 14 kabupaten/kota, yaitu Kota administratif Jakarta Pusat, Kota administratif Jakarta Utara, Kota administratif Jakarta Barat, Kota administratif Jakarta Selatan, Kota administratif Jakarta Timur, Kabupaten administratif Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan." Terang Rosarita.

Sementara terkait pelaksanaan distribusi bantuan set top box untuk masyarakat miskin sejumlah 479.370 sejauh ini sudah terlaksana 63,4 persen. 

"Pelaksanaan distribusi ini baik yang dilakukan oleh penyelenggara MUX maupun dari anggaran negara, saat ini berjalan sesuai rencana dan akan terus kami pantau secara harian dan dituntaskan seluruhnya sebelum tanggal 5 Oktober 2022." Lanjutnya. 

Kominfo juga meminta kepada para lembaga penyiaran untuk gencar melakukan sosialisasi manfaat siaran digital sebelum ASO di Jabodetabek dilaksanakan pada 5 Oktober 2022 tersebut. 

"Kepada lembaga penyiaran untuk meningkatkan intensitas sosialisasi kepada masyarakat  mengenai manfaat dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk beralih dari TV analog ke TV digital." Imbuh Rosarita.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])