Pengprov WI DKI Jakarta Jalankan Dua Misi di Indonesia Wushu All Games 2021

Nusantaratv.com - 06 Desember 2021

Panitia pelaksana Indonesia Wushu All Games 2021
Panitia pelaksana Indonesia Wushu All Games 2021

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Pengurus Provinsi (Pengprov) WI DKI Jakarta merasa terhormat mendapat kepercayaan dari Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto sebagai panitia pelaksana Indonesia Wushu All Games 2021.

Event terbesar di akhir tahun ini melibatkan 578 atlet dari 28 porvinsi yang akan digelar di Stadion Tenis Indoor Komplek Gelora Bung Karno Jakarta, 8-11 Desember 2021.

"Pengprov WI merasa terhormat mendapat kepercayaan dari  pak Ketum PB WI Airlangga Hartarto sebagai tuan rumah pelaksanaan Indonesia Wushu All Games 2021," kata Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro yang didampingi Herman Wijaya (Sekum), Bambang Supriyanto (Waketum 1), Sandy Yanuar (Waketum 2) dan Gede Sarjana selaku Ketua Panitia Pelaksana yang ditemui saat melihat persiapan penyelenggaraan, Senin (6/12/2021).

Menurut Gunawan Tjokro, pihaknya menjalankan dua misi di Indonesia Wushu All Games 2021. Pertama, sukses penyelenggaraan sebagai contoh bagi Pengprov WI lainnya dalam mengelola event besar tingkat nasional. Kedua, sukses prestasi dengan banyak meloloskan atlet wushu DKI Jakarta untuk bisa masuk dalam pelatnas.

"Pengprov WI DKI Jakarta bertekad memsukseskan pelaksanaan Indonesia Wushu All Games 2021 dan juga meloloskan lebih banyak atlet wushu DKI Jakarta ke pelathas sehingga ke depan bisa menggantikan atlet-atlet senior sekaligus mewujudkan tekad DKI Jakarta sebagai pemasok atlet berprestasi yang akan membela Merah Putih di ajang single dan multi event regional, Asia dan internasional. Tim Wushu DKI Jakarta akan diperkuat 68 atlet yang turun di nomor Taolu, Sanda dan kungfu tradisional Wing Chun," tegasnya.

Mengingat pelaksanaan Indonesia Wushu All Games 2021 di tengah pandemi Covid-19, kata Gunawan Tjokro, akan diterapkan protokel kesehatand secara ketat dengan melibatkan Kemenpora, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam hal ini Satgas Covid-19 dan pihak kepolisian.

Pelaksanaan protokol kesehatan ketat ini juga dibenarkan Gede Sarjana selaku Ketua Panitia Pelaksana.

"Setiap peserta dan offisial dan panitia diwajibkan test PCR dan mentaati sistem bubble. Mereka bukan hanya setiap dua hari menjalani test PCR rerapi ditempatkan di satu hotel dan tidak diperkenankan keluar dengan fasilitas angkutan mobil ke tempat pertandingan. Dan, setiap pintu masuk Stadion Tenis Indoor juga kita siapkan sanitizer," jelasnya.

Indonesia Wushu All Games 2021 yang mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini akan mempertandingkan 4 event sekaligus. Yakni,  Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior, Kejuaraan Nasional Sanda Pra Junior dan Junior, Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior dan Kejuaran Open Wushu Kungfu-Wingchun.

Khusus untuk Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior memperebutkan Piala Menpora. Sedangkan Kejuaraan Nasional Sanda Pra Junior dan Junior, Kejuaran Open Wushu Taolo Senior dan Kejuaran Open Wushu Kungfu memperebutkan Piala Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dan Piala Gubernur DKI Jakarta.

Sebelumnya, Sekjen PB WI, Ngatino mengatakan, Indonesia Wushu All Games 2021 akan menjaring atlet junior yang akan direkrut menjadi penghuni pelatnas dalam rangka persiapan menghadapi single dan multi event internasional. Termasuk menyiapkan Tim Wushu Junior Indonesia yang akan tampil pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang digelar di Indonesia pada tahun 2022.

"Dari 160 atlet wushu taolu yang tampil di final stage itu merupakan hasil yang dijaring dari 1.800 atlet dari berbagai sasana saat tampil di Seri 1 dan Seri 2. Kini, mereka kembali diseleksi untuk menentukan atlet terbaik yang akan menghuni pelatnas junior," ungkapnya.

"Penjaringan atlet juga akan dilakukan pada Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior. Mereka yang terbaik akan berpeluang untuk masuk dalam pelatnas wushu senior. karena, pelatnas menggunakan sistem promosi dan degradasi," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])