Pengisian Daya Kendaraan Listrik, BMW Pakai Kotoran Sapi

Nusantaratv.com - 10 November 2021

Ilustrasi BMW i3 2019. (Carscoops)
Ilustrasi BMW i3 2019. (Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil asal Jerman, BMW mengumumkan pada Selasa (9/11/2021) mereka bakal memperluas kolaborasi bisnisnya dengan peternakan sapi perah sebagai bagian dari proyek energi terbarukan.

Bermitra dengan California Bioenergy (CalBio), BMW bersama peternakan sapi perah berencana menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

BMW akan bekerja sama dengan Bar 20 Dairy Farms pada teknologi susu cerdas iklim generasi baru yang menangkap metana dari kotoran, yang selanjutnya diubah menjadi listrik.

Hal ini juga membantu mengurangi emisi metana, yang merupakan sumber utama gas rumah kaca lainnya. Ketika dikombinasikan dengan energi yang dihasilkan, maka akan menghasilkan pengurangan emisi yang setara dengan memberi daya lebih dari 17.000 unit kendaraan listrik per tahun.

Bar 20 Dairy Farm memiliki keunikan, karena teknologi sel bahan bakarnya menciptakan listrik terbarukan di tempat. Sistem yang sangat efisien ini menghasilkan listrik dua kali lebih banyak dibandingkan generator konvensional dengan menggunakan jumlah biogas yang sama. 

Tidak hanya menangkap energi yang akan terbuang sia-sia, tetapi sebenarnya akan berbahaya bagi lingkungan, justru ini dianggap sebagai salah satu sumber energi terbersih di negara bagian itu.

"Kami berharap untuk memperluas model berpikiran maju ini di masa depan, membawa lebih banyak investasi biodigester ke peternakan di seluruh AS (Amerika Serikat) dan terus menyediakan energi bersih untuk pengemudi kendaraan listrik," kata Adam Langton, Manajer Layanan Energi, Connected eMobility, BMW Amerika Utara, seperti dikutip dari Carscoops, Rabu (10/11/2021).

Seiring dengan manfaat terhadap lingkungan, proyek ini merupakan sumber pendapatan lain bagi petani dan memungkinkan BMW untuk menghasilkan kualitas udara maupun teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])