Penemu Asal Indonesia yang Diakui Dunia, Ada BJ Habibie

Nusantaratv.com - 10/08/2022 20:20

Prof. DR. Ing. BJ Habibie. (Gani Kurniawan/Grid.id)
Prof. DR. Ing. BJ Habibie. (Gani Kurniawan/Grid.id)

Penulis: Bayu Koosyadi

Nusantaratv.com - Jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia secara umum, ini deretan tokoh penemu asal Indonesia yang namanya diakui dunia. Indonesia tidak pernah kekurangan dengan talenta-talenta hebat di berbagai bidang disiplin ilmu. 

Bahkan tak sedikit dari mereka yang telah menghasilkan penemuan-penemuan hebat yang telah diakui secara internasional dan terbukti memberikan manfaat untuk kehidupan manusia. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima penemu asal Indonesia yang namanya diakui dunia internasional.

1. BJ Habibie

Bukan rahasia lagi jika Presiden RI ini adalah seorang ahli pesawat terbang. Prof. DR. Ing. BJ Habibie merupakan lulusan S2 dan S3 dari Universitas RWTH Aachen, Jerman. Habibie mengembangkan teori perambatan retak, yang memungkinkan titik retak pada pesawat dapat diketahui lebih awal sehingga bisa menghasilkan pesawat yang lebih aman.

2. Yogi Ahmad Erlangga

Tokoh penemu asal Indonesia yang namanya diakui dunia berikutnya adalah Yogi Ahmad Erlangga. Lulusan Delft University of Technology, Belanda ini tercatat sebagai doktor matematika termuda. Selain itu, Yogi Ahmad Erlangga juga diketahui sebagai penemu rumus matematika yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah perminyakan. Kemampuan yang dimilikinya ini bahkan mampu menarik perusahaan minyak dunia, Shell.

3. Tjokorda Raka Sukawati

Tjokorda Raka Sukawati berhasil menemukan konstruksi Sosrobahu atau Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH). Diketahui, temuan Tjokorda ini memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas saat proses pembangunannya. Tak hanya itu, temuan Tjokorda ini bahkan digunakan insinyur Amerika Serikat (AS) untuk membangun jembatan di Seattle.

4. Warsito Purwo Taruno

Satu lagi tokoh penemu asal Indonesia yang berhasil diakui oleh dunia. Sepulangnya dari Jepang, Warsito bermaksud membantu kakaknya yang mengidap kanker payudara stadium IV. Berangkat dari niat tersebut, Warsito kemudian menciptakan alat terapi kanker Electro-Capacitive Cancer Therapy (ECCT).

5. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1934 ini merupakan penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam. Sistem yang diciptakan oleh Sedyatmo ini begitu stabil di atas lahan yang tidak stabil, sehingga memungkinkan untuk digunakan banyak bangunan di seluruh dunia. Salah satu yang menggunakan pondasi temuan Sedyatmo itu adalah landasan pacu pelabuhan udara Soekarno-Hatta. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
makam-1665067045
Ilustrasi sakit kepala-1664981074