Penembak Presiden AS Ronald Reagan Akan Dibebaskan

Nusantaratv.com - 28 September 2021

John Hinckley Jr. (Net)
John Hinckley Jr. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden ke-40 Amerika Serikat (AS), Ronald Reagan, pernah ditembak pada 1981 silam. Penembaknya ialah John Hinckley Jr, yang akan bebas dari syarat-syarat yang semula membatasinya.

Dikutip dari AFP, Selasa (28/9/2021), Hinckley kini sudah berusia 66 tahun. Pada 40 tahun silam, 30 Maret 1981, dia melakukan tindakan gila menembak Reagan dan tiga pria lain di luar hotel Washington.

Saat itu, aksinya terinspirasi oleh film legendaris dengan ujung berdarah-darah garapan Martin Scorsese, 'Taxi Driver', dibintangi Robert De Niro dan Jodie Foster yang saat itu masih belia. John Hinckley ingin membuat Jodie Foster terkesan.

Pada 2016, Hinckley dilepas di bawah syarat ketat rumah skit psikiatri Washington. Dia ditahan di lokasi itu sejak percobaan pembunuhan Reagan.

Syarat itu termasuk tetap berada dalam rentang 80 km dari rumah ibunya di Williamsburg, Virginia, dan tidak bepergian ke wilayah Ronald Reagan, wakil presiden, atau anggota Kongres.

Berdasarkan dokumen pengadilan, hakim federal pada Senin (27/9/2021) waktu setempat menerima persetujuan antara pengadilan dan pengacara Hinckley bahwa syarat-syarat itu akan dicabut pada Juni 2022. Artinya, Hinckley bakal bebas tanpa syarat.

Yayasan Institute dan Kepresidenan Ronald Reagan menyampaikan pernyataan menentang keputusan itu. Pembebasan Hinckley dari syarat-syarat itu disebut memprihatinkan.

"Berlawanan dengan keputusan hakim, kami percaya John Hinckley masih menjadi ancaman bagi yang lain dan kami dengan keras menentang pembebasannya. Kami berharap pengadilan akan memproses upaya hukum untuk membatalkan keputusan itu," demikian pernyataan Yayasan Reagan.

Reagan sendiri tidak terbunuh gara-gara penembakan oleh Hinckley di luar Hotel Hilton Washington, 40 tahun lalu. Reagan terluka, begitu juga sekretaris pers James Brady, seorang polisi, dan seorang agen rahasia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])