Penelitian Ungkap Dampak Menonton TV Selama 4 Jam Bisa Tingkatkan Risiko Pembekuan Darah

Nusantaratv.com - 20/01/2022 13:15

Ilustrasi menonton TV. (Istimewa)
Ilustrasi menonton TV. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Penelitian menemukan dampak menonton TV (televisi) selama empat jam sehari atau lebih meningkatkan risiko seseorang mengalami pembekuan darah.

Penelitian mengenai masalah ini diterbitkan pada Rabu (19/1/2022) oleh European Journal of Preventive Cardiology. Berdasarkan analisis terhadap lebih dari 130.000 orang dewasa berusia 40 tahun ke atas, duduk di depan TV selama rata-rata empat jam atau lebih setiap hari berisiko 35 persen lebih tinggi mengalami pembekuan darah dibandingkan dengan yang menonton selama 2 setengah jam atau kurang.

"Temuan penelitian kami juga menunjukkan menjadi aktif secara fisik tidak menghilangkan peningkatan risiko pembekuan darah yang terkait dengan menonton TV berkepanjangan," kata rekan penulis studi Dr. Setor Kunutsor dalam siaran pers, seperti dikutip dari UPI, Kamis (20/1/2022).

"Jika Anda ingin menonton TV, Anda perlu istirahat," lanjut dosen senior di University of Bristol di Inggris itu.

Dia menyarankan orang-orang untuk 'berdiri dan melakukan peregangan setiap 30 menit atau menggunakan sepeda stasioner' sambil menonton televisi dan untuk 'menghindari ngemil yang tidak sehat'.

Kunutsor dan rekan-rekannya meneliti hubungan antara menonton TV dan tromboemboli vena, atau VTE, suatu kondisi yang mencakup emboli paru, atau gumpalan darah di paru-paru, dan trombosis vena dalam, atau gumpalan darah di vena dalam, biasanya di kaki.

Analisis tersebut mencakup tiga penelitian dengan total 131.421 peserta berusia 40 tahun ke atas yang tidak memiliki riwayat VTE sebelumnya dan yang melaporkan sendiri jumlah rata-rata waktu menonton televisi setiap hari, kata para peneliti.

"Lebih dari 130.000 peserta dalam tiga studi, 964 mengembangkan VTE," terang para peneliti.

Mereka yang menonton televisi selama empat jam atau lebih setiap hari memiliki kemungkinan 1,35 kali lebih besar untuk mengembangkan VTE dibandingkan responden yang jarang atau tidak pernah menonton.

Beberapa penelitian terbaru telah mengidentifikasi risiko serupa. "Temuan menunjukkan terlepas dari aktivitas fisik, (berat badan) Anda, berapa usia Anda dan jenis kelamin Anda, menonton televisi berjam-jam adalah aktivitas yang berisiko untuk mengembangkan pembekuan darah," jelas Kunutsor.

"Menonton TV dalam waktu lama melibatkan imobilisasi yang merupakan faktor risiko VTE (karena) genangan darah di ekstremitas Anda daripada beredar dan ini dapat menyebabkan pembekuan darah," tukasnya.

1

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in