Pencipta Lagu Legendaris 'Antara Anyer dan Jakarta' Oddie Agam Meninggal Dunia

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2021

Oddie Agam/ist
Oddie Agam/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Dunia musik Indonesia kembali kehilangan salah satu figur terbaiknya. Oddie Agam yang bernama asli Imran Madjid dikabarkan meninggal dunia, pada Rabu (27/10/2021). Pencipta lagu legendaris Antara Anyer dan Jakarta yang dipopulerkan penyanyi Malaysia Sheila Majid ini meninggal dunia dalam usia 68 tahun. 

Menurut informasi, almarhum sempat dirawat di ICU RS Persahabatan, Jakarta. 

Kabar duka ini diketahui dari unggahan pengamat musik Stanley Tulung di Instagram-nya.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Selamat jalan Bang Oddie Agam yg berpulang 27 Oktober 2021 jam 11.00.Semoga tenang disana," tulis Stanley Tulung.

Oddie Agam diketahui sudah menderita stroke sejak 2017. Kondisinya tak kunjung membaik.

Pada awal bulan ini Oddie Agam sempat kritis dan harus dirawat di ruang ICU rumah sakit. Ketika itu kondisi ginjal penyanyi sekaligus pencipta lagu yang berkiprah sejak era 1980-an ini memburuk. 

Istri Oddie Agam, Almafilia menceritakan kondisi sang musikus sebelum masuk rumah sakit. 

Baca juga: Mantan Mensesneg Sudi Silalahi Tutup Usia

“Tanggal 5 kemarin, Selasa malam, habis makan tersedak. Kalau stroke kan emang sering tersedak. Tapi, biasanya kami diemin sebentar, biar dia sehat terus makan lagi," ujar Almafilia pada 18 Oktober 2021 lalu. 

“Tapi, saat itu abis tersedak dia batuk terus. Batuk-batuk sampai lendirnya tuh banyak nggak bisa keluar. Ya sudah saya bawa ke UGD," imbuhnya.

Gangguan yang dirasakan Odie bertambah dengan sesak napas. 

“Tapi masih sesak, lemas. Hasil tesnya, lendirnya tinggi. Jadi yang masalah itu ternyata ginjalnya," ucapnya.

Karena ginjalnya juga bermasalah, tindakan cuci darah pun dijalani Oddie Agam. Kondisinya terus memburuk hingga akhirnya meninggal dunia pada Rabu (27/10/2021).

Nama Oddie Agam sangat populer di era 1980 hingga awal 90-an. Lagu ciptaannya kerap menjadi hits dan disukai masyarakat. Mulai dari lagu "Antara Anyer dan Jakarta" yang dinyanyikan Sheila Majid, kemudian "Surat Cinta", “Logika”, “Tamu Istimewa” dan “Bahasa Cinta” yang dibawakan oleh Vina Panduwinata serta lagu Memori yang booming lewat Ruth Sahanaya.

Selain sebagai pencipta lagu, Oddie juga dikenal sebagai penyanyi. Ia pernah merilis sejumlah album, beberapa di antaranya Bellina (1984), Gadis Sentimentil (1986), dan self-titled album Oddie Agam pada 1990.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])