Pemukiman Warga di Pesisir Batam Terdampak Banjir Rob

Nusantaratv.com - 25/01/2023 16:32

Banjir rob meremdam pemukiman warga pesisir di Kelurahan Batu Besar Kota Batam Kepri (25/1/2023). (ANTARA/HO-Warga Batam)
Banjir rob meremdam pemukiman warga pesisir di Kelurahan Batu Besar Kota Batam Kepri (25/1/2023). (ANTARA/HO-Warga Batam)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemukiman warga di pesisir Kota Batam Kepulauan Riau terdampak banjir rob, Rabu, dikarenakan air laut naik ke permukaan kemudian ditambah curah hujan tinggi merendam sejumlah jalan di kelurahan tersebut.

Ketua RT 03 RW 01 Kelurahan Batu Besar, Batam, Ahmad mengatakan banjir tersebut mencapai setinggi paha orang dewasa dan menyebabkan ruas jalan di pemukiman warga tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor.

"Kendaraan tidak bisa melewati banjir karena sudah terlalu tinggi. Kalau ada yang mau lewat pun saya arahkan ke jalan lain yang terlalu tinggi. Tapi kalau di sini sudah cukup tinggi," kata Ahmad saat dihubungi di Batam, Rabu.

Ia menjelaskan pihaknya bersama kelurahan setempat telah melakukan pemantauan ke rumah-rumah warga untuk memastikan kondisi tetap aman.

"Tadi saya bersama pak Lurah sudah berkeliling ke rumah warga, memang ada rumah warga yang banjir sudah cukup tinggi, ada juga yang masih aman. Itu tergantung tinggi rendahnya tanah rumah mereka," ujar dia.

Ia memperkirakan terdapat sekitar 10 rumah warga yang terdampak banjir rob dengan cukup tinggi. Namun, hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi ke rumah tetangga ataupun ke masjid setempat.

"Sejauh ini belum ada warga yang mengungsi, tapi aktivitas warga memang sangat terganggu, mau masak atau mencuci baju pun jadi terkendala," kata Ahmad.

Selain menimpa warga RT 03, banjir juga merendam sejumlah pemukiman warga lainnya yaitu di kawasan Citra Mas dan Kampung Jabi.

Sementara itu, warga RT 03 RW 01 Kelurahan Batu Besar, Dedi, mengatakan hingga saat ini banjir yang melanda rumahnya tersebut belum surut karena air laut masih pasang dan hujan belum mereda.

"Tidak bisa dipastikan surutnya kapan, tergantung musim. Tapi hari ini sepertinya surutnya agak lama karena angin cukup kencang," kata Dedi.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in