Pemprov Bengkulu Usulkan Dua Ruas jalan jadi jalan Nasional

Nusantaratv.com - 25 November 2022

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. ANTARA/Anggi Mayasari
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. ANTARA/Anggi Mayasari

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu mengusulkan status dua ruas jalan milik provinsi menjadi beralih jalan nasional untuk mengurangi beban fiskal daerah dalam pengelolaan maupun pemeliharaan.

Jalan tersebut melewati tiga wilayah seperti Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Rejang Lebong serta ruas jalan yang berada di Kabupaten Kaur hingga perbatasan Sumatera Selatan.
 
"Terdapat dua ruas jalan provinsi yang diusulkan Pemprov Bengkulu ke Pemerintah Pusat agar beralih status menjadi jalan nasional," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Jumat.
 
Lokasi jalan yang diusulkan tersebut dimulai dari Simpang Tugu Polwan di Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara, Kecamatan Muara Aman Kabupaten Lebong hingga Simpang Air Dingin Kabupaten Rejang Lebong.
 
Selanjutnya ruas jalan provinsi dari Kecamatan Tanjung Iman, Kecamatan Muara Sahung dan Kecamatan Air Tembok, Kabupaten Kaur, Bengkulu.
 
Pengajuan pengalihan status tersebut dilakukan karena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) Provinsi Bengkulu belum mampu mengalokasikan perbaikan ruas jalan provinsi yang mencapai 1.650 kilometer.
 
"Usulan itu kita sampaikan agar pembagian yang merata dalam pembangunan, khususnya infrastruktur jalan dan jembatan," terangnya.
 
Oleh karena itu, Rohidin berharap agar pemerintah pusat memberikan persetujuan sehingga ruas jalan dalam wilayah Provinsi Bengkulu dapat terhubung dengan baik.

Ia menambahkan bahwa saat ini kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah ini memiliki daya dukung yang luar biasa bagi kelancaran sektor lainnya.
 
"Jika menjadi kewenangan Pemerintah Pusat akan mendapatkan alokasi melalui DAK Fisik setiap tahunnya dan perawatan jalan vital penghubung dapat terjamin dengan baik dengan celah fiskal APBN yang besar," sebutnya.(Ant)
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])