Pemkot Kupang Kembangkan Budi Daya Ikan Lele

Nusantaratv.com - 25/11/2022 15:19

Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh (ANTARA/Benny Jahang)
Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh (ANTARA/Benny Jahang)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai mengembangkan budi daya ikan Lele sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Bisnis ikan Lele ini sangat potensial dikembangkan masyarakat di Kota Kupang melalui usaha rumahan karena tidak membutuhkan tempat yang besar dalam mengembangkan usaha ikan Lele," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Jumat.

George Melkianus Hadjoh mengatakan hal itu terkait hasil akhir kajian strategis pengembangan bisnis ikan Lele di Kota Kupang.

Ia mengatakan kajian yang dilakukan Pemerintah NTT itu untuk memberikan informasi awal berdasarkan riset bagaimana menjalankan program pengembangan bisnis ikan Lele termasuk dalam menghadapi tantangan usaha bisnis ikan Lele.

Menurut dia, Pemerintah Kota Kupang pernah memberikan stimulan berupa benih ikan Lele beserta pakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Kupang.

"Namun belum berkembang maksimal karena berbagai kendala dihadapi masyarakat yang sebelumnya belum terbiasa dalam mengembangkan usaha ikan Lele," kata George Melkianus Hadjoh.

George Melkianus Hadjoh menambahkan setiap program harus dijalankan berdasarkan riset awal sebagai bahan untuk mengeksekusi rencana program tersebut.

Dia menjelaskan dalam mendukung program usaha pengembangan ikan Lele maka ‘bioflok’ harus bisa diadakan di setiap kelurahan dan jika bisa dibuatkan juga di rumah-rumah ibadah seperti Gereja ataupun Masjid untuk bisa membantu kesejahteraan jemaatnya.

George Melkianus Hadjoh optimis apabila program pengembangan bisnis ikan Lele bisa berlangsung dengan baik maka sangat membantu meningkatkan ekonomi warga.

"Tepung ikan Lele juga bisa digunakan sebagai pangan yang sangat membantu dalam melawan kekerdilan yang dihadapi anak-anak dengan kategori kekerdilan di Kota Kupang," kata George Melkianus Hadjoh.

Dia menjelaskan salah satu kendala dalam pengembangan usaha ikan Lele di Kota Kupang bahwa masyarakat belum memiliki keahlian dan keterampilan yang memadai dalam pengelolaan ikan Lele .

"Permodalan usaha budidaya ikan Lele Kota Kupang yang masih mengandalkan keuangan pribadi. Perlu ada pelatihan budidaya ikan Lele mulai dari pembenihan dan pelatihan pembuatan pakan alami yang unggul.Hal itu pasti dilakukan Pemerintah Kota Kupang," kata George Melkianus Hadjoh.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in