Pemkab Samosir Terima Penghargaan Universal Health Coverage

Nusantaratv.com - 25/01/2023 16:26

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST didampingi Wabup Drs. Martua Sitanggang pada saat Launching Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Samosir di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (25/1). (ANTARA/HO)
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST didampingi Wabup Drs. Martua Sitanggang pada saat Launching Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Samosir di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (25/1). (ANTARA/HO)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten  Samosir, Sumatera Utara, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan dengan keberhasilan 97 persen atau 139.048 warga Samosir terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 142.318 jiwa.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Utara dan Aceh dr. Mariamah M.Kes pada saat Launching Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Samosir di Aula Kantor Bupati Samosir, Pangururan, Rabu (25/1).

Kepala Dinas Kesehatan Samosir dr. Dina Hutapea mengatakan, UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Dalam tiga tahun terakhir cakupan JKN di Kabupaten Samosir adalah Tahun 2020 sebesar 78 persen dengan peserta 107.479 jiwa, Tahun 2021 sebesar 84 persen dengan peserta 115.688 jiwa dan Tahun 2022 mencapai 97,7 persen dengan jumlah peserta 139.048 jiwa.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Utara dan Aceh dr. Mariamah M.Kes menyampaikan dalam RPJMN 2020-2024 diamanatkan bahwa sebanyak 98 persen dari total penduduk Indonesia harus sudah terdaftar dalam program JKN.

Secara nasional, saat ini sebanyak 90,34 persen penduduk Indonesia sudah masuk program JKN.

dr. Mariamah juga menyampaikan bahwa dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, baru 9 Kabupaten/Kota yang sudah mencapai UHC, termasuk di dalamnya Kabupaten Samosir.

"Saya sangat mengapresiasi dengan capaian UHC di Kabupaten Samosir. Ini menjadi wujud komitmen dan kehadiran pemerintah daerah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warganya. Semoga ketercapaian UHC ini bisa dirasakan langsung oleh penduduk Kabupaten Samosir," katanya.

Sementara Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan dalam program Pemkab Samosir, pemenuhan peningkatan pelayanan kesehatan merupakan program unggulan dan prioritas pada periode 2021-2024.

"Kami selalu berupaya dan berkomitmen mempercepat memberikan pelayanan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Samosir. Capaian UHC merupakan bukti sinergi, kolaborasi dan kerja keras dari seluruh stakeholder, termasuk BPJS Kesehatan hingga bisa mencapai 97,7 persen," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in