Pemkab Pasaman Barat Intensif Sosialisasi Vaksinasi Penguat Kedua

Nusantaratv.com - 26/01/2023 14:09

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pasaman Barat Gina Alecia.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pasaman Barat Gina Alecia.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengintensifkan sosialisasi agar masyarakat melakukan vaksinasi COVID-19 penguat (booster) dosis kedua untuk percepatan vaksinasi sekaligus meningkatkan proteksi masyarakat dari COVID-19.
 
"Untuk saat ini kita masih menunggu permintaan masyarakat untuk vaksinasi. Jika sudah ada, vaksinnya akan kita mintakan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Kamis.
 
Menurutnya, untuk vaksinasi COVID-19 penguat kedua diberlakukan bagi masyarakat yang berusia lebih dari 18 tahun tanpa menunggu tiket atau undangan. Selain itu, juga bisa dilakukan vaksinasi jika sudah berjarak 6 bulan dari vaksinasi penguat dosis pertama.
 
"Jika ada masyarakat yang ingin memperoleh vaksinasi penguat dosis kedua diharapkan menghubungi petugas pelayanan kesehatan yang ada, sehingga bisa kita data," ujarnya.
 
Untuk kondisi di Pasaman Barat, katanya, saat ini sekitar 544 orang atau 30 persen dari tenaga kesehatan sudah melakukan vaksinasi penguat dosis kedua dari sasaran 2.188 orang, sedangkan masyarakat umum dan lanjut usia baru lima orang dari sasaran 211.127 orang. Untuk itu, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi bagi masyarakat agar segera melaksanakan vaksinasi penguat dosis kedua.
 
Ia menegaskan pemberian vaksinasi COVID-19 penguat dosis kedua diberikan dengan jarak waktu enam bulan sejak vaksinasi dosis pertama.
 
Vaksinasi harus dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi COVID-19. "Kami mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksinasi ataupun vaksinasinya belum lengkap agar secepatnya dilengkapi," ajaknya.
 
Ia mengimbau masyarakat tidak menunda dan tidak pilih-pilih vaksin, karena vaksinasi terbaik adalah vaksinasi yang dilakukan sekarang juga.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in