Pemkab Manggarai Timur, NTT Terus Tingkatkan Vaksin Astrazeneca Dosis Satu Untuk Masyarakat

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2021

Ilustrasi sosialisasi vaksinasi
Ilustrasi sosialisasi vaksinasi

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Manggarai Timur, Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur terus meningkatkan vaksinasi Astrazeneca dosis pertama kepada masyarakat yang belum mendapatkan jatah vaksin. Vaksin Astrazeneca dosis pertama tersebut difasilitasi oleh Bank NTT.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, Pranata Kristiani Agas menjelaskan, Kabupaten Manggarai Timur saat ini masuk pada PPKM level 3. PPKM level tiga bukan karena cakupan kasus penyebaran virus Covid-19 namun, karena cakupan vaksinasi kita yang masih rendah.

“Untuk turun ke PPKM level 2 (dua) syaratnya adalah cakupan vaksinasi dosis satu mencapai 50 (lima puluh) persen dan cakupan vaksinasi untuk lansia mencapai 40 (empat puluh) persen”, ujar Kristiani Agas kepada media ini, Rabu 27 Oktober 2021.

Kristiani menjelaskan, untuk saat ini cakupan vaksinasi di Kabupaten Manggarai Timur mencapai angka 25 (dua puluh lima) persen untuk dosis satu.

Sedangkan, lanjut Kristiani, vaksinasi untuk lansia, baru mencapai angka 17 (tujuh belas) persen. Hal inilah yang membuat Pemda Matim untuk terus mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi. 

Baca Juga: Studi: Vaksinasi Covid-19 Tidak Meningkatkan Risiko Keguguran

“Kita bersyukur sekali Bank NTT hari ini membantu pemerintah daerah lewat serbuan vaksinasi massal 1000 (seribu) dosis”,ujarnya.

Kristiani mengungkapkan, untuk 1.000 (seribu) dosis hari ini cakupannya terdapat di empat titik diantaranya, di kantor Bupati Matim, di Kecamatan Borong, di kantor cabang Bank NTT Mano dan di kantor cabang Bank NTT Watu Nggong.

“Untuk Kecamatan Borong kami melayani 300 orang, di kantor Bupati Matim melayani 400 orang, di Bank NTT Cabang Mano 150 orang dan di Bank NTT Cabang Watu Nggong melayani 150 orang. Jadi, total masyarakat yang mendapatkan vaksinasi dosis 1(satu) hari ini adalah 1.000 (seribu) orang”, jelas Kristiani.

Kristiani berharap, dengan dilakukannya vaksinasi untuk 1.000 (seribu) orang dari Bank NTT hari ini bisa meningkatkan cakupan vaksinasi bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur.

Dalam waktu dekat, tambah Kristiani, Kabupaten Manggarai Timur akan kedatangan vaksin Vaizer ditargetkan sekitar 20.000 (dua puluh ribu) dosis.

“Pada prinsipnya, Pemda Matim melalui dinas kesehatan terus berkomitmen manakala ketersediaan vaksinasinya cukup, maka kami akan terus melayani masyarakat sampai ke desa-desa”, tutupnya. (Gabrin Anggur)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])