Pemkab HSU Mulai Salurkan Bantuan Sembako Untuk Korban Banjir

Nusantaratv.com - 25/11/2022 20:31

Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah bersama Ketua DPRD dan Forkopimda meninjau situasi dan kondisi warga terdampak banjir menggunakan perahu mesin di Desa Danau Terate Kecamatan Banjang, Rabu (23/11/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)
Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah bersama Ketua DPRD dan Forkopimda meninjau situasi dan kondisi warga terdampak banjir menggunakan perahu mesin di Desa Danau Terate Kecamatan Banjang, Rabu (23/11/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan, mulai menyalurkan bantuan paket sembilan bahan pokok (Sembako) untuk warga yang terdampak musibah banjir.

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara Sugeng Riyadi mengatakan, pascabanjir setiap hari pihaknya berpatroli sambil membawa bantuan ke lokasi musibah.

"Daerah yang terdampak banjir cukup parah terjadi di Desa Danau Terate," katanya, dilaporkan Jumat.

Dikatakan, penyaluran bantuan bersama Pj. Bupati Raden Suria Fadliansyah menggunakan perahu mesin (klotok) untuk mendatangi rumah- rumah warga yang terdampak dan terisolasi karena jalan antardesa terputas akibat banjir.

Sebanyak 127 paket sembako disalurkan di Kecamatan Banjang pada hari itu dan 97 paket di antaranya bagi warga Desa Danau Terate .

"Semoga bantuan berupa sembako bisa meringankan beban warga yang terdampak banjir," katanya.

Bupati Suria Fadliansyah menyampaikan keprihatinannya dan mengimbau masyarakat tetap waspada karena sewaktu-waktu arus air bisa saja kembali meninggi

Ia juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan koordinasi dan kerja sama, terutama aparat desa supaya penanganan dampak bencana banjir ini lebih maksimal dan tepat sasaran.

Bupati Raden Suria mengajak masyarakat meingkatkan kesadaran dalam memelihara kebersihan lingkungan agar bencana banjir dapat berlalu dengan cepat .

Kondisi banjir di Kabupaten Hulu Sungai Utara berdampak cukup luas karena seluruh kecamatan terdampak banjir. Dilaporkan bencana banjir kali ini sudah menelan satu korban jiwa.

Data per 24 November pukul 08.00 Wita, sebanyak 9.641 rumah terendam banjir, terdiri 11.368 kepala keluarga, meliputi 34.029 jiwa.

Berdasarkan pantauan pada Jum'at (25/11)  banjir mulai berangsur surut di Kota Amuntai, namun dipastikan genangannya berlanjut ke wilayah bagian bawah di Kabupaten HSU seperti Kecamatan Babirik, Haur Gading, Amuntai Selatan, Sei Tabukan dan Danau Panggang.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in