Pemkab Batang Lakukan Pencegahan Polio

Nusantaratv.com - 25 November 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang sedang melayani pemberian vaksinasi penguat (booster) pada masyarakat. (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)
Dinas Kesehatan Kabupaten Batang sedang melayani pemberian vaksinasi penguat (booster) pada masyarakat. (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap memberikan vaksinasi polio pada masyarakat sebagai upaya mencegah terjadinya penyakit tersebut di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto di Batang, Jumat, mengatakan bahwa temuan kasus polio di Aceh beberapa waktu lalu menjadi perhatian publik sehingga pihaknya perlu melakukan vaksinasi polio pada masyarakat.

"Meski hingga kini Kabupaten Batang belum ditemukan kasus polio namun kami perlu melakukan pencegahan terjadinya penyakit itu dengan melakukan vaksinasi pada warga," katanya.

Dikatakannya, saat ini polio masuk pasar masa eradekasi sehingga ketika ditemukan satu kasus maka akan langsung menyita perhatian publik.

Dinas kesehatan, kata dia, setiap tahun melakukan pengecekan indikasi adanya polio di antaranya pengecekan produk limbah akhir yang dihasilkan oleh sistem pencernaan (feses) pada masyarakat yang mengalami lumpuh layu dan demam.

"Jadi jika ada masyarakat yang mengalami lumpuh layu maka akan kami cek apakah feses mereka positif polio atau tidak. Namun dari pengecekan selama ini hasilnya selalu negatif polio," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Seksi Surveilans, Imunisasi, dan KLB Amat Zaenudin mengatakan meski hingga kini belum ditemukan kasus polio namun warga diharapkan mengikuti imunisasi polio.

"Semoga kasus ini tidak ditemukan ke depan. Hingga kini pencapaian imunisasi polio masih 97 persen. Oleh karena itu kami berharap masyarakat wajib mengikuti imunisasi dasar polio," katanya.

Amat Zainudin menambahkan polio ini ditularkan melalui virus sehingga ikhtiar pencegahannya dengan mengikuti vaksinasi agar bisa tercipta herd immunity dari penyakit itu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])