Pemilu Jerman: Sayap Kiri Kalahkan Partai Merkel

Nusantaratv.com - 27 September 2021

Angela Merkel. (Net)
Angela Merkel. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Partai sayap kiri Sosial Demokrat (SPD) ditetapkan sebagai pemenang pemilu Jerman setelah meraup mayoritas dukungan dalam pemungutan suara nasional, Senin (27/9/2021). 

SPD menang tipis dengan perolehan suara sebanyak 25,7 persen dari Partai Uni Demokratik Kristen (CDU), yang hanya meraih 24,1 persen suara. CDU ialah partai berkuasa yang selama ini mengusung Kanselir Jerman Angela Merkel.

Sementara dua partai lainnya, The Greens dan Demokrat Bebas (FDP) hanya memperoleh 14,8 persen dan 11,5 persen suara.

Kemenangan SPD menandai kebangkitan partai-partai berhaluan tengah hingga sayap kiri di beberapa negara di Eropa.

Kandidat Kanselir Jerman dari SPD, Olaf Scholz, mengatakan dia berharap dapat mencapai kesepakatan pembentukan koalisi pemerintahan baru sebelum Hari Natal tiba.

SPD juga telah memulai pembicaraan dengan beberapa parpol lainnya. Sejauh ini, SPD berencana mendekati Partai Hijau dan FDP untuk bergabung dengan koalisi demi mengamankan mayoritas suara di parlemen.

"SPD berada di tempat pertama, kami memenangkan pemilihan umum," Kata Sekretaris Jenderal SPD, Lars Klingbeil, kepada televisi ARD seperti dikutip Reuters.

Klingbeil menegaskan SPD akan memastikan Scholz menjadi kanselir Jerman penerus Merkel.

Namun, kandidat kanselir Jerman dari CDU, Armin Laschet, mengatakan dia masih bisa membentuk pemerintahan meskipun berada di urutan kedua.

Sementara itu, Merkel sendiri akan tetap bertugas sebagai kanselir sampai negosiasi dan pembentukan pemerintahan baru Jerman rampung.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])