Pembunuhan Casis Bintara TNI AL Terungkap, Serda Ardan Bunuh Iwan Dibantu Warga Sipil

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Dua tersangka pembunuhan casis Bintara TNI AL. (Foto: Tangkap layar Tiktok/sumbar_petang)
Dua tersangka pembunuhan casis Bintara TNI AL. (Foto: Tangkap layar Tiktok/sumbar_petang)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kasus pembunuhan calon siswa (casis) Bintara TNI AL, Iwan Sutrisman Telaumbanua (21), di Lanal Nias pada tahun 2022, menjadi sorotan tajam di tengah masyarakat. Kini, publik dihadirkan dengan kedua tersangka yang telah ditangkap oleh pihak TNI dan kepolisian.

Dalam konferensi pers yang digelar di Mako Lantamal II Padang, dua tersangka pembunuhan Iwan, yakni Serda Adan Aryan dan warga sipil Muhammad Alvin, terlihat ditemani petugas berbaju tahanan warna oranye. Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Syufenri, menjelaskan kronologi penemuan mayat yang diduga kuat adalah saudara Iwan.

"POM Lantamal II berkoordinasi dengan Polres Sawahlunto tentang adanya penemuan jenazah mister X pada tanggal 30 Desember 2022. Setelah dicocokkan dengan data, kuat dugaan mayat mister X itu adalah saudara Iwan Sutrisman," ungkap Laksamana Pertama TNI Syufenri.

Lebih lanjut, Laksamana Pertama TNI Syufenri menjelaskan bahwa salah satu pelaku merupakan anggota TNI AL dari POM Lanal Nias, sementara satu lainnya adalah warga sipil. Kedua pelaku ini berhasil diamankan oleh jajaran Pomal Lantamal II bekerja sama dengan Polres Sawahlunto dan Polres Solok.

"Saat ini, Serda Adan telah ditahan di Pom Lantamal II Padang untuk pemeriksaan lebih lanjut, sementara Alvin diproses oleh Polres Sawahlunto," terangnya.

Penahanan Serda Adan tersebut dilakukan atas dugaan pelanggaran Pasal 340 KUHP (KUHP tentang Pembunuhan Berencana) dan Pasal 378 KUHP (KUHP tentang Penipuan). Kasus tragis pembunuhan ini terkuak setelah keluarga korban melapor ke Denpom Lanal Nias atas hilangnya kontak dengan Iwan setelah berangkat bersama Serda Adan ke Padang untuk mengikuti seleksi penerimaan Bintara TNI AL.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])