Pekan Ini, Hanoi Longgarkan Pembatasan Akibat Covid-19

Nusantaratv.com - 20 September 2021

Ilustrasi ibukota Vietnam, Hanoi mulai longgarkan pembatasan akibat Covid-19. (Net)
Ilustrasi ibukota Vietnam, Hanoi mulai longgarkan pembatasan akibat Covid-19. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ibu kota Vietnam, Hanoi, akan melonggarkan pembatasan akibat virus corona (Covid-19) mulai pekan ini, kata pemerintah, seiring kasus baru yang menurun dan mayoritas populasi orang dewasa telah divaksinasi sebagian.

Sebagian besar proyek konstruksi dapat dilanjutkan mulai Rabu (22/9/2021), kata pihak berwenang pada Minggu (19/9/2021) malam waktu setempat. Disebutkan, pelonggaran lebih lanjut akan menyusul, dengan rata-rata kasus harian baru turun menjadi hanya 20.

Sejauh ini, 94 persen dari populasi orang dewasa Hanoi yang berjumlah 5,75 juta telah menerima satu suntikan vaksin Covid-19, dengan tujuan menyelesaikan dosis kedua pada akhir November, kata wakil ketua Komite Rakyat yang berkuasa di Hanoi, Duong Duc Tuan.

"Kami tidak dapat mempertahankan langkah-langkah jarak sosial tanpa batas waktu," kata Tuan dalam pernyataannya, dikutip dari Channel News Asia, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Studi: Satu dari Tiga Pasien Mengalami Gejala Long Covid-19

Hanoi terbebas dari beban gelombang infeksi Covid-19 yang ganas di Vietnam sejak akhir April lalu, mencatat kurang dari 50 yakni lebih dari 17.000 kematian Covid-19 secara nasional, dan hanya 4.414 dari total 687.000 kasus di negara itu.

Pusat bisnis di Kota Ho Chi Minh, lebih dari 1.500 km jauhnya melalui jalan darat, menjadi yang paling terpukul akibat Covid-19, dengan 49 persen kasus di negara itu dan 78 persen kematian.

Hanoi menjadi lebih sibuk pekan lalu setelah pihak berwenang menghapus puluhan pos pemeriksaan dan mengizinkan restoran untuk menawarkan layanan takeaway.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])