Pebalap Mario Suryo Aji dikukuhkan Sebagai Duta Pramuka Jawa Timur

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan pebalap Moto3 Mario Suryo Aji sebagai Duta Pramuka di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis malam (25/5/2023). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan pebalap Moto3 Mario Suryo Aji sebagai Duta Pramuka di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis malam (25/5/2023). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com  - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan pebalap Moto3 Mario Suryo Aji sebagai Duta Pramuka Jawa Timur Tahun 2023.

Dia secara simbolis memasangkan hasduk dan baret pramuka ke pebalap berusia 19 tahun asal Magetan yang tergabung dalam tim Honda Asia itu dalam acara yang berlangsung di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis malam (25/5).

"Maka, di mana pun Mario berlaga, yang ada di dadanya adalah merah putih. Ketika bertemu dengan tim pramuka atau scout movement dari berbagai negara, saya berharap akan ada energi, semangat, dan kekuatan baru," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah daerah di Surabaya, Jumat.

"Dengan dikukuhkannya Mario sebagai Duta Pramuka, maka kepramukaan dan kepanduan diharapkan menjadi bagian dari kekuatan inheren saat berada di sirkuit negara manapun seluruh dunia," kata Gubernur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Ia optimistis sebagai duta Mario bisa memberikan energi positif bagi gerakan kepanduan.

"Kita harus maksimalkan peran-peran yang memberikan perspektif kemanusiaan dan kedamaian yang bisa membangun kekerabatan dan persaudaraan antarbangsa. Saya rasa, kepanduan memberikan referensi itu," katanya.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil menyampaikan bahwa Mario telah menjadi anggota pramuka sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

"Sejak SMP, Mario merupakan seorang kader pramuka dengan prestasi membanggakan. Setelah SMA, Mario melanglang buana untuk terus berlatih dengan semangat pramuka dimanapun berada. Keluarga besar Gerakan Pramuka Jawa Timur akan senantiasa mengiringi perjalanan Mario," katanya.

Mario berharap sebagai duta dia dapat mendatangkan manfaat bagi gerakan pramuka. "Semoga saya bisa membawa pramuka Indonesia ke penjuru dunia," katanya.

Mario telah menyelesaikan lima seri balap Moto3, yang berlangsung di Portugal, Argentina, Amerika Serikat, Spanyol, dan Prancis. Pebalap yang dijuluki "Super Mario" itu selanjutnya akan berlaga di Italia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])