PBB Minta Dunia Berhubungan dengan Taliban

Nusantaratv.com - 14 September 2021

Taliban. (Net)
Taliban. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres meminta dunia internasional berhubungan Taliban. Hal ini dinilai penting. 

"Sangat penting untuk terlibat dengan Taliban pada saat ini," ujar Guterres di sela konferensi tingkat tinggi tentang bantuan untuk Afghanistan, Senin (13/9/2021), dikutip dari AFP.

Menurut dia, berhubungan dengan Taliban dapat mencegah keruntuhan ekonomi di Afghanistan.

"Tidak mungkin memberikan bantuan kemanusiaan di Afghanistan tanpa melibatkan pihak berwenang de facto (Taliban)," kata Guterres.

Sejumlah negara sebelumnya mengatakan mereka tidak ingin terlibat langsung dengan Taliban karena khawatir atas pelanggaran hak. Namun, Guterres mengatakan ini adalah pendekatan yang salah.

"Saya tidak berpikir bahwa jika otoritas de facto suatu negara berperilaku buruk, solusinya adalah melakukan hukuman kolektif kepada rakyatnya," kata Guterres.

Sebaliknya, dia menyarankan keterlibatan langsung dengan Taliban, termasuk pengiriman bantuan, dapat membantu mendorong otoritas baru Afghanistan untuk lebih menghormati hak asasi manusia.

"Penting untuk meluncurkan program bantuan kemanusiaan yang kuat dan menggunakannya sebagai pengaruh untuk (terlibat) dengan Taliban" kata Guterres.

Pada konferensi tingkat tinggi tentang bantuan untuk Afghanistan itu, Guterres mengimbau negara-negara di dunia untuk memberikan bantuan kepada warga Afghanistan.

PBB berusaha mengumpulkan US$606 juta. Dana ini diperkirakan cukup untuk menyelamatkan jutaan orang Afghanistan dalam waktu empat bulan ke depan.

Uang itu dibutuhkan untuk bantuan makanan dan mata pencaharian penting bagi hampir 11 juta orang dan layanan kesehatan untuk 3,4 juta orang.

"Warga Afghanistan membutuhkan penyelamat," kata Guterres.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])