Paus Fransiskus ke Indonesia Kemungkinan September

Nusantaratv.com - 29 Maret 2024

Paus Fransiskus. (Antara/Reuters)
Paus Fransiskus. (Antara/Reuters)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus, bakal mengunjungi Indonesia. Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta, Romo V Adi Prasojo, menjelaskan Paus Fransiskus  berkunjung ke Indonesia sekitar bulan September.

"Ini kan kunjungan kenegaraan, jadi kita ikuti arahan dari pemerintah. Kemungkinan di bulan September. Ya kita doakan semoga jadi ya," kata Romo Adi di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Walau demikian, Romo Adi belum bisa menginformasikan tanggal kunjungan Paus Fransiskus pada September nanti. Menurutnya, pemerintah yang akan mengumumkan secara resmi karena kunjungan Paus Fransiskus juga merupakan kunjungan kenegaraan.

"Iya September, tanggalnya belum bisa kami informasikan," ucapnya. 

"Karena menunggu pengumuman Bapak Presiden dan pihak pemerintah," imbuhnya.

Menurut Romo Adi, kunjungan Paus Fransiskus nantinya merupakan kunjungan bersejarah. Kunjungan itu menjadi kunjungan Paus ketiga di Indonesia.

"Dan ini Paus ketiga yang datang ke Indonesia setelah kemerdekaan. Juga perlu temen-temen ketahui beliau sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, Kepala Negara Vatikan," jelas dia.

Romo Adi mengungkapkan, kunjungan itu sebenarnya telah disepakati sejak 2020. Tapi kala itu terjadi pandemi Covid-19 sehingga kunjungan baru bisa dilakukan tahun ini.

"Sebenarnya rencana kunjungan itu telah disepakati bulan Oktober 2020. Tapi karena kita tahu pandemi mulai Maret jadi istilahnya tertunda, bukan batal," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])