Patut Dicontoh, Menteri Ini Bersihkan Toilet Sekolah yang Kotor

Nusantaratv.com - 19 Desember 2021

Menteri Energi di Negara Bagian Madhya Pradesh, India, Pradhuman Singh Tomar, membersihkan toilet. (Kantor Berita ANI)
Menteri Energi di Negara Bagian Madhya Pradesh, India, Pradhuman Singh Tomar, membersihkan toilet. (Kantor Berita ANI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Energi di Negara Bagian Madhya Pradesh, India, Pradhuman Singh Tomar memberikan contoh ke publik mengenai pentingnya kebersihan.

Dia terlihat membersihkan toilet yang kotor di sebuah sekolah negeri di Kota Gwalior. Hal itu dilakukan, kata Tomar, setelah dirinya mendengar keluhan dari seorang siswa mengenai toilet sekolah yang kotor.

"Seorang siswi mengatakan kepada saya bahwa tidak ada kebersihan di toilet sekolah, sehingga para siswa menghadapi masalah," kata Tomar, seperti dikutip India.com dari kantor berita ANI, Minggu (19/12/2021).

Sang menteri bersama seorang pejabat terlihat membersihkan lantai dan dinding toilet di sekolah negeri itu. Ini bukan pertama kalinya Tomar terlihat mengambil inisiatif untuk kebersihan area publik.

Pada Agustus tahun lalu, Tomar membersihkan toilet kantor komisaris di Gwalior selama kunjungan kerjanya setelah seorang staf wanita mengeluh soal kamar kecil yang kotor. Dia kemudian meminta pejabat badan setempat untuk memberinya bahan pembersih, dan bersama dengan staf pemeliharaan sipil, segera membersihkan toilet.

Awalnya, Tomar pergi ke gedung Moti Mahal untuk membicarakan beberapa masalah dengan Komisaris Divisi. Saat kembali, beberapa karyawan wanita mengeluh kepada Tomar jika toilet yang disediakan untuk mereka di gedung kantor tidak dibersihkan secara teratur sehingga mereka merasa tidak nyaman. 

Mendengar keluhan tersebut, Tomar memeriksa toilet di tempat itu dan ternyata memang kotor. Dia memerintahkan petugas untuk membawa pembersih toilet dan sikat atau alat apapaun dan mulai membersihkannya sendiri.

Dia juga meminta Komisaris Gabungan Departemen Pendapatan RP Bharti untuk secara khusus memperhatikan kenyamanan publik yang tersedia bagi staf perempuan di kantor-kantor pemerintah dan mengambil tindakan hukuman terhadap mereka yang bertanggung jawab atas toilet kotor di tempat tersebut.

Tomar mengatakan jika toilet yang kotor menimbulkan kesulitan bagi semua, terutama perempuan. "Perdana Menteri Narendra Modi hingga Ketua Menteri MP Shivraj Singh Chouhan melakukan upaya berkelanjutan untuk memastikan kebersihan. Kantor harus bersih," tegas Tomar.

Dia menambahkan para pejabat telah diarahkan untuk memastikan toilet selalu bersih dan dapat digunakan. Sebelumnya, Tomar juga membersihkan saluran air hujan dengan sekop dan menyapu taman umum dengan sapu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])