Pasar Masih Wait and See, Rupiah Menguat Tipis ke Rp15.190 per Dolar AS pada Kamis (6/10/2022) 

Nusantaratv.com - 06 Oktober 2022

Mata uang rupiah dan dolar AS/ist
Mata uang rupiah dan dolar AS/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Nilai tukar rupiah menguat tipis 2,5 poin atau 0,02 persen dan berada di level Rp15.190 per dolar AS pada Kamis (6/10/2022). 

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah melemah ke posisi Rp15.197 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Menurut Analis DCFX Futures Lukman Leong rupiah ditutup menguat dalam pergerakan range sempit, didukung oleh sentimen yang membaik di siang harinya.

"Pergerakan rupiah hari ini didikte oleh dolar AS. Dengan sentimen di pasar yang swing (berayun) di antara risk on dan off," ungkap Lukman Leong, mengutip CNNIndonesiacom.

Ia juga mengatakan pasar masih cenderung wait and see terkait lebih banyak data dan sinyal dari bank sentral AS The Fed, mengingat AS akan merilis data tenaga kerja dan risalah pertemuan FOMC.

Sementara itu, mayoritas mata uang di kawasan Asia terpantau bergerak bervariasi. Tercatat yen Jepang menguat 0,04 persen, won Korea Selatan naik 0,58 persen, dan dolar Singapura menguat 0,19 persen.

Sedangkan, peso Filipina melemah 0,06 persen dan ringgit Malaysia turun 0,13 persen. Sementara, dolar Hong Kong stagnan.

Sebaliknya, mata uang negara maju justru kompak menguat. Poundsterling Inggris naik 0,22 persen, euro Eropa menguat 0,33 persen, dolar Australia naik 0,28 persen, dan dolar Kanada menguat 0,13 persen.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])