Paris diprediksi jadi Olimpiade Terakhir Simone Biles hingga LeBron

Nusantaratv.com - 03 Desember 2023

Pesenam Amerika Serikat Simone Biles berlatih balok keseimbangan di Ariake Gymnastics Centre di Tokyo, Jepang (22/7/2021). ANTARA/AFP/Loic Venance/aa.
Pesenam Amerika Serikat Simone Biles berlatih balok keseimbangan di Ariake Gymnastics Centre di Tokyo, Jepang (22/7/2021). ANTARA/AFP/Loic Venance/aa.

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Olimpiade 2024 Paris diprediksi menjadi Olimpiade terakhir yang diikuti oleh sejumlah atlet seperti pesenam Amerika Serikat Simone Biles, atlet loncat indah Inggris Tom Daley, judoka Prancis Teddy Riner, hingga pebasket Amerika Serikat LeBron James.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade, Minggu, hal itu menyusul seleksi yang tidak bisa diprediksi, pun dengan kemungkinan para atlet untuk pensiun jelang atau sesudah pesta olahraga terbesar di dunia itu digelar tahun depan.

Bagi Biles, Paris akan menjadi tempat pembuktiannya sebagai salah satu pesenam terbaik di dunia setelah mengoleksi empat medali emas Olimpiade 2016 Rio dan total 23 gelar dunia sepanjang kariernya.

Biles pun sempat rehat sejenak dari dunia senam setelah Olimpiade 2020 Tokyo, di mana ia membawa pulang medali perak untuk nomor tim. Paris juga akan menjadi tempatnya merayakan rentetan prestasinya sejauh ini atau pun menutup karier cemerlangnya di usia 27 tahun.

Untuk LeBron, ia secara terbuka telah mempertimbangkan untuk pensiun setelah Lakers kalah dari Denver Nuggets di playoff NBA 2023. Namun, ia tetap membicarakan ketertarikannya untuk bermain bersama timnas basket AS di Paris 2024.

Legenda bola basket ini telah bermain di tiga Olimpiade dan memegang dua medali emas dan satu perunggu.

Beralih ke Daley, ia mengambil jeda selama dua tahun sebelum mengumumkan bahwa ia akan kembali untuk Paris.

Atlet berusia 29 tahun itu mengungkapkan, keinginannya untuk kembali berkompetisi di Paris adalah karena sang anak, Robbie, ingin melihat sang ayah tampil di panggung olahraga tertinggi itu.

Daley telah berkompetisi di panggung Olimpiade sejak berusia 14 tahun saat mengikuti Olimpiade 2008 Beijing. Ia lalu mengikuti Olimpiade 2012 London, dan meraih emas pertamanya di Tokyo.

Judoka sekaligus pemegang medali Olimpiade lima kali dan juara dunia 11 kali Teddy Riner akan maju sebagai favorit tuan rumah untuk kembali menambah koleksi medali pada usianya yang menginjak 34 tahun.

Riner telah berbicara secara terbuka tentang cedera dan rasa lelahnya. Namun, dengan kemenangan bersejarahnya dalam meraih gelar juara dunia pada Mei, ia tampaknya menahan keinginan untuk pensiun hingga melakoni Olimpiade 2024 Paris.

Panggung ini ia nilai akan menjadi tempat yang penting untuk meraih gelar maupun medali, 16 tahun setelah debutnya di Olimpiade pada 2008.

Sementara itu, Olimpiade 2024 Paris akan bergulir pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])