Pantas Dijuluki 'Sultan', Ternyata Segini Kekayaan Raffi Ahmad

Nusantaratv.com - 21/12/2021 15:40

Raffi Ahmad dengan salah satu koleksi mobil mewahnya/ist
Raffi Ahmad dengan salah satu koleksi mobil mewahnya/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Julukan Sultan yang disematkan para penggemarnya kepada Raffi Ahmad memang bukanlah isapan jempol. Suami dari Nagita Slavina ini ternyata memiliki kekayaan sekelas 'Sultan'.

Pundi-pundi kekayaan Raffi bersumber dari Instagram, Youtube dan lain-lain. Dengan jumlah pengikut (followers) sebanyak 57 orang, Raffi dan Nagita menjadi pesohor dengan jumlah followers terbesar di Tanah Air.

Channel Youtube mereka Rans Entertainment juga diikuti sebanyak 22,6 juta pelanggan yang menempati posisi keempat di Indonesia. 

Meski sulit dipastikan secara rinci berapa total kekayaan yang dimiliki Raffi dan Nagita, namun besaran kekayaan mereka setidaknya bisa terlihat dari sumber pendapatan dan beragam aset yang dimiliki. 

Salah satu mesin uang yang dimiliki Raffi dan Nagita adalah dari Channel Youtube RANS Entertainment

Kanal Rans Entertainment yang didirikan pada 27 Desember 2015 telah memiliki 22,5 juta pelanggan atau subscriber. Konten mereka telah ditonton lebih dari 4,94 miliar kali.

Selain dari adsense dipastikan kanal Rans Entertainment juga meraup cuan dari iklan yang diselipkan di konten-konten yang ditayangkan. 

Perusahaan yang melacak statistik dan analitik media sosial, yakni Social Blade memperkirakan pendapatan tahunan RANS dari Youtube berada di kisaran US$ 610,2 ribu hingga US$ 9,8 juta atau setara dengan Rp 8,77 miliar hingga Rp 140,87 miliar.

Baca juga: Mobil Raffi Ahmad Tabrak Truk, Ada Rafhatar dan Pengasuh Didalamnya

Sedangkan secara bulanan, pendapatan RANS dari Youtube di kisaran US$ 50,9 ribu hingga US$ 813,6 ribu atau sekitar Rp 731,69 juta hingga Rp 11,7 miliar.

Dalam sepekan terakhir, estimasi pendapatan RANS dari Youtube berada di kisaran US$ 11,9 ribu hingga US$ 189,9 ribu atau sekitar Rp 171,06 juta hingga Rp 2,73 miliar.

Adapun secara harian, estimasi pendapatan RANS dari Youtube berada di kisaran US$ 1,7 ribu hingga US$ 27,1 ribu atau setara dengan Rp 24,44 juta hingga Rp 389,56 juta.

Sebagai informasi, Social Blade menggunakan asumsi bahwa pendapatan per seribu tayangan (cost per thousand views/CPM) berada di angka US$ 0,25 - US$ 4.

Raffi Ahmad juga memiliki beberapa aset signifikan. Di luar koleksi jam mobil dan barang mewah lainnya, dua aset utama yang dimiliki adalah rumah produksi dan klub sepak bola, mengutip CNBCIndonesiacom, Selasa (21/12/2021).

Namun dari daftar terbaru 50 orang terkaya di Indonesia yang dikeluarkan majalah Forbes, nama Raffi Ahmad tidak muncul. Dengan batas terbawah (cut-off) diisi oleh Kartini Muljadi dan keluarga yang merupakan pemilik dari perusahaan farmasi yakni PT Tempo Scan Pacific Tbk (TPSC) dengan kekayaan bersih diperkirakan sebesar Rp US$ 695 juta atau setara dengan Rp 9,97 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.350/US$.

Dikarenakan namanya tidak ada dalam daftar tersebut, dipastikan kekayaan Raffi Ahmad tidak mencapai Rp 9,97 triliun, akan tetapi kekayaan pesohor tersebut tentu masih sangat besar dan jauh di atas kekayaan rata-rata masyarakat Indonesia.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in