OttenMatic, Robot Barista Personal Untuk Tawarkan Pengalaman "Ngopi"

Nusantaratv.com - 07/12/2022 17:47

Robot barista personal OttenMatic (Dokumentasi Otten Coffee)
Robot barista personal OttenMatic (Dokumentasi Otten Coffee)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Teknologi telah menyentuh berbagai aspek kehidupan manusia termasuk dalam urusan minum kopi, dan OttenMatic si robot barista pertama di Indonesia yang diperkenalkan oleh Otten Coffee pada tahun 2021 salah satunya.

“OttenMatic adalah robot barista personal yang akan menawarkan pengalaman ngopi yang berbeda bagi semua orang. Robot ini kami perkenalkan sebagai bagian dari edukasi mengenai kopi bagi semua orang yang mengunjungi Otten Store," kata CEO dan Co-Founder Otten Coffee Jhoni Kusno, dalam siaran persnya, Rabu.

Dia mengatakan, hadirnya OttenMatic bukan untuk menggantikan barista, tapi lebih sebagai bentuk pengalaman unik untuk minum kopi serta edukasi mengenai kopi di Indonesia bagi setiap pengunjung yang bertandang ke toko.

OttenMatic akan memberikan edukasi untuk setiap pengunjung. Saat para pengunjung datang untuk berpartisipasi dalam pengalaman ini, OttenMatic akan menyapa mereka dan meracikkan secangkir kopi.

Robot ini lalu akan menceritakan perjalanan kopi yang ia suguhkan dengan bahasa yang menarik dan tidak mudah dilupakan.

“OttenMatic merupakan bentuk dari kontribusi Otten kepada masyarakat untuk mengedukasi para pecinta kopi tentang proses pembuatan kopi dari hulu ke hilir,” kata Jhoni.

“Dari mulai asal biji kopi, proses roasting, hingga cara menyeduh dan alat yang dibutuhkan," imbuh dia.

Pada masa kini, banyak teknologi termutakhir yang diramalkan akan mengalihkan sumber daya manusia ke sesuatu yang bersifat otomasi. Sebuah studi menunjukkan, teknologi semacam ini juga perlahan mulai diterima oleh masyarakat, walau terdapat banyak kekhawatiran mengenai peran manusia yang semakin terkesampingkan, terutama dalam faktor interaksi langsung.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
air-1675232959
Ilustrasi - anak yang mengalami trauma (ANTARA/Pexels)-1675221317